Jumat 10 Dec 2021 21:52 WIB

Pemerintah Tegaskan Komitmen Terhadap Penegakan HAM tidak Luntur

KSP tegaskan komitmen pemerintah terhadap penegakan HAM tidak pernah luntur

Rep: Haura Hafizhah,  Antara/ Red: Bayu Hermawan
Plt Deputi V Kantor Staf Kepresidenan, Jaleswari Pramodhawardani.
Foto:

Sementara, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengatakan  tetap berkomitmen melaksanakan berbagai program pemajuan Hak Asasi Manusia (HAM). Menurutnya, semua manusia itu setara tidak boleh membeda-bedakan. 

"Dukungan terhadap pelaksanaan pelindungan dan pemenuhan HAM yang dilakukan oleh institusi pemerintah baik di pusat maupun di daerah, tetap menjadi prioritas program pemajuan HAM," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (10/12).

Kemudian, ia melanjutkan dalam deklarasi universal HAM dengan satu kalimat kunci, yaitu semua manusia setara dalam hak dan martabat, mampu membuka semua batas dan belenggu yang menjadi beban bangsa-bangsa dan umat manusia di berbagai kawasan dunia.

"Kesetaraan dan kesederajatan telah mengangkat konsep HAM sebagai kesempatan untuk menetapkan standar perilaku baru, penghormatan bagi semua manusia dan harapan baru untuk merebut maupun memperluas kemerdekaan politik, kemerdekaan ekonomi dan kemerdekaan sosial budaya," katanya.

Ia menambahkan melalui kesetaraan dan kesederajatan juga dapat menghapus diskriminasi atas dasar ras, etnis, agama dan asal-usul sosial. "Jangan lupa juga untuk memastikan setiap anggota masyarakat sebagai subjek diberikan hak yang setara," kata dia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement