Rabu 08 Dec 2021 01:05 WIB

Sopir TransJakarta Tersangka

Pemprov DKI Jakarta akan mengevaluasi secara total kinerja PT Transjakarta.

Rep: Ali Mansur/Eva Rianti / Red: Agus Yulianto
Sebuah Bus transjakarta menabrak pembatas jalur Busway (Separator Busway) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (3/12). Kecelakaan tunggal itu diduga akibat sopir kurang berhati-hati dan kurang berkonsentrasi. Tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakan tersebut.Prayogi/Republika.
Foto:

Evaluasi total

Pemprov DKI Jakarta menyampaikan, akan mengevaluasi secara total kinerja jajaran direksi PT Transjakarta sebagai buntut dari rentetan kecelakaan yang terjadi belakangan ini. “Ya nanti semua. Apapun kekurangannya terkait masalah Transjakarta, kita evaluasi secara menyeluruh dan juga melibatkan pihak-pihak lainnya untuk kita carikan solusi yang terbaik,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza saat menanggapi adanya desakan pencopotan direksi PT Transjakarta.

Ariza menyebut, banyak faktor yang perlu diperhatikan dalam memutuskan hal tersebut, meliputi operasional hingga sumber daya manusia (SDM) nya. “Apa sesungguhnya yang menjadi penyebab, tentu kesehatan menjadi perhatian kita bersama, umur juga, mungkin menjadi pertimbangan fisiknya, pengetahuan, dan lain sebagainya, jadi banyak faktor yang memengaruhi dilakukan evaluasi,” ujarnya.

Ariza juga menyoroti rekrutmen sopir atau pramudi bus Transjakarta. Dia meminta, PT Transjakarta untuk lebih memerhatikan proses rekrutmen sopir bus Transjakarta untuk meminimalisasi kecelakaan. 

“Kami minta dikoordinasikan dengan operator-operator yang ada di Transjakarta untuk memastikan bahwa sopir-sopir dari bus Transjakarta itu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ada,” ujar Ariza kepada wartawan, Selasa (7/12).

 

Ariza meminta, proses rekrutmen sopir bus Transjakarta dievaluasi. Kata dua, semua operator bus Transjakarta bertanggung jawab dalam perekrutan dan penyiapan pramudi. “Jadi dipastikan kompetensinya,” kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement