Sabtu 04 Dec 2021 21:45 WIB

Terpapar Awan Panas Semeru, Puluhan Warga Alami Luka Bakar

Terpapar guguran awan panas Semeru, puluhan warga alami luka bakar ringan-berat.

Aliran guguran lava pijar Gunung Semeru dengan jarak luncur kurang lebih 500 meter sampai 800 meter, Sabtu (4/12)
Foto:

Bayu mengatakan, rata-rata warga yang terdampak letusan Gunung Semeru mengalami luka bakar dan sudah mendapatkan perawatan di fasilitas kesehatan. Sementara Bupati Lumajang Thoriqul Haq memastikan seluruh puskesmas dan rumah sakit terdekat siaga setelah terjadinya letusan Gunung Semeru untuk mengantisipasi adanya korban terdampak guguran awan panas.

"Kami memastikan seluruh puskesmas dan rumah sakit terdekat untuk siaga," kata Thoriqul.

Menurut Bupati, lansia, anak-anak, dan ibu hamil menjadi target utama evakuasi. Masyarakat lainnya diharapkan segera melakukan evakuasi ke tempat lebih aman.

Bupati menjelaskan, saat ini petugas gabungan dari TNI-Polri, BPBD beserta relawan masih melakukan evakuasi warga. Untuk sementara, titik pengungsian difokuskan di Kantor Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo serta kantor desa terdekat.

photo
Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran, Sabtu (4/12). - (Istimewa)

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik dengan meluncurkan guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement