Kamis 02 Dec 2021 15:58 WIB

Ridwan Kamil Temui Penerima Beasiswa JFLS di UGM

Ridwan Kamil berpesan kepada mereka agar bisa menjalani kuliah dengan baik.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Gubernur Jabar Ridwan Kamil, berpesan kepada penerima beasiswa JFLS agar bisa menjalani kuliah dengan baik.
Foto: istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil, berpesan kepada penerima beasiswa JFLS agar bisa menjalani kuliah dengan baik.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil menemui dua mahasiswa penerima program beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship (JFLS) di Universitas Gajah Mada (UGM). Pertemuan itu terjadi usai dirinya menjadi narasumber Talkshow Future Leaders yang diselenggarakan Fisipol UGM, Kamis (2/11).

Dua mahasiswa asal Jawa Barat itu diketahui bernama Filda dari Bekasi yang menempuh kuliah jurusan Biologi. Serta Miracle, warga Bandung yang berkuliah jurusan Aktuaria.

Baca Juga

Ridwan Kamil berpesan kepada mereka agar bisa menjalani kuliah dengan baik. Masa depan sebuah negara maju salah satu ukurannya adalah Sumber Daya Manusia (SDM)yang unggul.

"SDM-nya itu indeks sarjananya harus tinggi. Salah satu meningkatkan indeks sarjana, kami punya prorgam beasiswa tidak hanya yang bersekolah di Jabar tapi di luar Jabar dan di seluruh dunia," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Menurutnya, salah satunya ada yang di UGM ini. Sehingga suatu hari, Jabar bisa memanen orang-orang hebat ini kembali membangun daerah. "Saya Do'akan cita-citanya terwujud, bisa jadi penelitian dan Profesor. Bisa menaklukan dunia dengan keilmuan," katanya.

Filda pun kemudian menyampaikan cita-citanya menjadi peneliti kepada gubernur, sekaligus meminta doa dan berterima kasih dengan program JFLS. "Saya ingin jadi peneliti. Alhamdulillah dapat beasiswa nilainya Rp 50 juta," katanya.

Sementara Miracle pun mengaku bisa lebih fokus melanjutkan perkuliahan setelah menerima beasiswa JFLS. "Cita-cita saya jadi konsultan aktuaris. Sekarang fokus kuliah," katanya.

Sementara menurut, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Dedi Supandi, program JFLS ini sudah bekerjasama dengan ratusan perguruan tinggi. "Dua orang ini kuliah di UGM dengan beasiswa, mereka sudah menempuh seleksi dari 33 ribu pendaftar semuanya sampai terakhir ada 1.253 yang mendapatkan beasiswa dan khusus yang di UGM ada 8 orang yang mendapatkan," kata Dedi seraya mengatakan, mereka yang terpilih warga Jabar dan masing-masing beasiswa nya per satu orang adalah S1 penuh sebesar Rp 50 juta.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنْ كُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّنَ الْبَعْثِ فَاِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُّضْغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِّنُبَيِّنَ لَكُمْۗ وَنُقِرُّ فِى الْاَرْحَامِ مَا نَشَاۤءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوْٓا اَشُدَّكُمْۚ وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّتَوَفّٰى وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنْۢ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْـًٔاۗ وَتَرَى الْاَرْضَ هَامِدَةً فَاِذَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاۤءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَاَنْۢبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍۢ بَهِيْجٍ
Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan (tetumbuhan) yang indah.

(QS. Al-Hajj ayat 5)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement