Kamis 02 Dec 2021 15:58 WIB

Ridwan Kamil Temui Penerima Beasiswa JFLS di UGM

Ridwan Kamil berpesan kepada mereka agar bisa menjalani kuliah dengan baik.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Gubernur Jabar Ridwan Kamil, berpesan kepada penerima beasiswa JFLS agar bisa menjalani kuliah dengan baik.
Foto: istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil, berpesan kepada penerima beasiswa JFLS agar bisa menjalani kuliah dengan baik.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil menemui dua mahasiswa penerima program beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship (JFLS) di Universitas Gajah Mada (UGM). Pertemuan itu terjadi usai dirinya menjadi narasumber Talkshow Future Leaders yang diselenggarakan Fisipol UGM, Kamis (2/11).

Dua mahasiswa asal Jawa Barat itu diketahui bernama Filda dari Bekasi yang menempuh kuliah jurusan Biologi. Serta Miracle, warga Bandung yang berkuliah jurusan Aktuaria.

Baca Juga

Ridwan Kamil berpesan kepada mereka agar bisa menjalani kuliah dengan baik. Masa depan sebuah negara maju salah satu ukurannya adalah Sumber Daya Manusia (SDM)yang unggul.

"SDM-nya itu indeks sarjananya harus tinggi. Salah satu meningkatkan indeks sarjana, kami punya prorgam beasiswa tidak hanya yang bersekolah di Jabar tapi di luar Jabar dan di seluruh dunia," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Menurutnya, salah satunya ada yang di UGM ini. Sehingga suatu hari, Jabar bisa memanen orang-orang hebat ini kembali membangun daerah. "Saya Do'akan cita-citanya terwujud, bisa jadi penelitian dan Profesor. Bisa menaklukan dunia dengan keilmuan," katanya.

Filda pun kemudian menyampaikan cita-citanya menjadi peneliti kepada gubernur, sekaligus meminta doa dan berterima kasih dengan program JFLS. "Saya ingin jadi peneliti. Alhamdulillah dapat beasiswa nilainya Rp 50 juta," katanya.

Sementara Miracle pun mengaku bisa lebih fokus melanjutkan perkuliahan setelah menerima beasiswa JFLS. "Cita-cita saya jadi konsultan aktuaris. Sekarang fokus kuliah," katanya.

Sementara menurut, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Dedi Supandi, program JFLS ini sudah bekerjasama dengan ratusan perguruan tinggi. "Dua orang ini kuliah di UGM dengan beasiswa, mereka sudah menempuh seleksi dari 33 ribu pendaftar semuanya sampai terakhir ada 1.253 yang mendapatkan beasiswa dan khusus yang di UGM ada 8 orang yang mendapatkan," kata Dedi seraya mengatakan, mereka yang terpilih warga Jabar dan masing-masing beasiswa nya per satu orang adalah S1 penuh sebesar Rp 50 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement