Selasa 30 Nov 2021 21:07 WIB

Level PPKM Jakarta Naik, Warung Makan Khawatir Omzet Turun

Pengusaha warung makan khawatir omset turun lagi dengan naiknya status PPKM Jakarta

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan, Antara/ Red: Bayu Hermawan
Pengusaha Warteg khawatir omset turun dengan kembali naiknya status PPKM di Jakarta (foto: ilustrasi Warteg)
Foto:

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, dalam menerapkan PPKM level dua di Jakarta, pihaknya berkoordinasi dengan banyak pihak. Menurut dia, sejauh ini Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau dinas-dinas di lingkungan kerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang bersiap menyesuaikan aturan dari pusat itu. 

"Dinas terkait di DKI Jakarta akan menyesuaikan. Pemprov akan mengeluarkan edaran pergub, dan biaya operasional kita kurangi kapasitasnya," kata Riza saat menghadiri Seminar Pendidikan di Kramat Pulo, Selasa (30/11).

Sejauh ini, kata dia, ancaman varian Omicron dari Afrika Selatan akan disikapi pihaknya di DKI dengan sebaiknya. Menurut dia, persiapan karantina dari tiga menjadi tujuh hari juga telah disiapkan lebih jauh.

"Banyak yang harus kita siapkan membatasi orang masuk dan mengurangi mobilitas kerumuman secara bertahap. Semuanya sangat bergantung pada disiplin dari masyarakat," katanya.

Riza mengatakan, diskusi dengan pemerintah pusat untuk mengekang kasus Covid-19 dari varian lama dan baru juga selalu dilakukan. Utamanya, dengan melakukan pencegahan di hulu dan di pintu masuk.

"Khusunya di bandara, pelabuhan dan di tempat tempat umum. Dinas Kesehatan juga sedang mengutamakan upaya-upaya  pencegahan dan penaganan," ucapnya.

Dengan adanya libur panjang jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) Riza mengingatkan, adanya potensi kasus yang terus meningkat. Terlebih, kata dia, peningkatan kasus selalu terjadi beberapa pekan setelah terjadi libur panjang.

"Harus waspada dan lebih hati-hati kita belajar dari tahun sebelumnya. Apalagi sudah diikuti juga dengan PPKM level dua," katanya.

 Seperti diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kembali menerbitkan instruksi terbaru tentang lanjutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk wilayah Jawa dan Bali. Dalam Inmendagri Nomor 63/2021 menjelaskan instruksi itu berlaku dari 30 November 2021 sampai dengan 13 Desember 2021.

Instruksi dikeluarkan menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia yang menginstruksikan agar melaksanakan PPKM level 3, 2 dan 1 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali. "Untuk melengkapi pelaksanaan PPKM yang mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid 19," tulis Inmendagri.

Pada instruksi pertama yang ditujukan bagi gubernur di Jawa-Bali, yakni mengatur sejumlah daerah yakni kabupaten dan kota dengan zona level 1 sampai 3. Seluruh wilayah di DKI Jakarta pada Inmendagri kali ini berstatus level 2. 

Berdasarkan level tersebut, Inmendagri mengatur sejumlah penyesuaian pembatasan kegiatan masyarakat diantaranya, seperti aturan makan dan minum di tempat umum. Dalam Inmendagri, waktu operasional warung makan, warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya dibatasi hingga pukul 21.00.

Selain itu, jumlah pengunjung juga dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap pengunjung juga dibatasi waktu makan dan berada di tempat maksimal 60 menit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement