Selasa 30 Nov 2021 11:50 WIB

Tri Mumpuni Didorong Jadi Ketua Umum HA IPB

Munas ke-VI HA IPB dijadwalkan di Bogor, Jabar pada 16-19 Desember 2021.

Salah satu ilmuwan Indonesia berpengaruh lulusan IPB University, Tri Mumpuni.
Foto: Dok BPPT
Salah satu ilmuwan Indonesia berpengaruh lulusan IPB University, Tri Mumpuni.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) segera menggelar perhelatan Musyawah Nasional (Munas) ke-VI yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat pada 16-19 Desember 2021.

Ketua HA IPB Nusa Tenggara Barat (NTB), Siti Latifah, berharap, hasil Munas HA IPB ke-VI dapat semakin memperkuat antara program pusat dan daerah serta konsolidasi antara senior dan junior dalam pengembangan diri.

Baca Juga

"Seperti kita ketahui, banyak alumni IPB yang berada di pusat sana. Nah, kami berharap dengan Munas ke-VI HA IPB, akan banyak putra-putri di daerah, seperti NTB, akhirnya kembali ke asalnya untuk memajukan wilayahnya," ucap Latifah dalam siaran di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (29/11).

Dia pun menyinggung calon Ketua Umum HA IPB yang dirasa layak diduduki Tri Mumpuni. "Beliau (Tri Mumpuni) adalah figur yang telah dikenal secara nasional hingga internasional. Jaringannya dalam membangun HA IPB ke daerah kami anggap baik," ujar Latifah.

Dia menyebut HA IPB NTB banyak pengurus dan alumni berjenis kelamin perempuan. Oleh sebab itu, kata Latifah, HA IPB NTB menganggap Tri Mumpuni dapat mewakili aspirasi mayoritas jika terpilih di munas.

Bahkan, Latifah menyebutkan, citra dan nama Tri Mumpuni masih dikenal di kalangan junior angkatannya. Hal tersebut disebabkan figurnya yang menginspirasi banyak orang. Apalagi, sekarang Tri Mumpuni mengemban jabatan anggota Dewan Pengarah Badan Riset Nasional (BRIN).

Sedangkan Tri Mumpuni menyebut, tugas HA IPB memperkuat seluruh alumninya sehingga IPB University semakin maju. Selain itu, kata dia, HA IPB adalah kekuatan besar yang selama ini berperan membuat pertanian Indonesia menjadi hebat.

Pasalnya, Indonesia dikenal sebagai negara agraris, sehingga peran besar HA IPB mendukung pertanian nasional lebih maju lagi di kancah dunia sangat dinantikan. "Hal itulah yang akan dibenahi HA IPB ke depan dalam keorganisasian dan tugasnya," ujar Tri Mumpuni.

Berdasarkan informasi beredar, Tri Mumpuni berpasangan dengan Bayu Yulianto sebagai calon Sekretaris Jenderal HA IPB pada Munas ke-VI 2021. Tri Mumpuni selama ini dikenal sebagai 'Wanita Listrik' karena perannya dalam membangun energi listrik di daerah pelosok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement