Sabtu 27 Nov 2021 15:53 WIB

Epidemiolog Duga Omicron Bisa 5x Lebih Menular dari Delta

Omicron menjadi varian baru pertama yang 'lompat kelas' menjadi variant of interest.

Rep: Rizky Suryarandika, Adysha Citra Ramadani, Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Virus corona (ilustrasi). Epidemiolog menduga varian omicron lima kali lipat lebih menular daripada varian delta.
Foto:

Varian omicron langsung menjadi "variant of concern" atau kategori kewaspadaan tertinggi. Omicron tak melalui kategori kelompok "variant under investigation" (VUI) atau "variant of interest" (VOI).

"Ini adalah pertanda sangat serius, karena umumnya varian yang baru-baru itu jadi "variant of interest" atau "variant under investigation", tapi ini langsung lompat, dan ini menjadi satu-satunya varian baru yang langsung menjadi varian mengkhawatirkan," ujar Dicky.

Atas dasar inilah, Dicky memprediksi varian omicron akan menyumbang kenaikan kasus Covid-19 di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ia mengimbau masyarakat dan Pemerintah Indonesia memperkuat aksi pencegahan dengan memperkuat protokol kesehatan, yakni dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Selain itu, masyarakat wajib mengikuti program vaksinasi Covid-19 hingga tuntas.

"Inilah yang salah satu mendasari kenapa saya juga memprediksi ada gelombang berikutnya, dalam hal ini, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di dunia," ucap Dicky.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement