Sabtu 20 Nov 2021 08:17 WIB

Tjahjo Kumolo : Berinovasi Wajib Jadi Budaya Kerja ASN

Pelayanan publik saat ini tidak bisa lagi dilakukan dengan cara biasa-biasa saja.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agus Yulianto
Menpan RB Tjahjo Kumolo
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Menpan RB Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo berharap inovasi menjadi budaya kerja aparatur sipil negara (ASN) di pemerintahan.

Tjahjo mengamati perubahan yang semakin masif. Hal ini mendorong masyarakat ingin pemerintah memberikan pelayanan yang semakin cepat, mudah, efektif, dan efisien. 

“Inovasi pelayanan publik ini sudah selayaknya menjadi budaya bagi para ASN dalam bekerja. Pelayanan publik saat ini tidak bisa lagi dilakukan dengan cara biasa-biasa saja. Perlu breakthrough atau terobosan dalam rangka memenuhi harapan masyarakat,” kata Tjahjo dalam keterangan pers, Jumat (19/11).

Tjahjo meminta ASN harus berpandangan bahwa berinovasi adalah sebuah kebutuhan. Budaya kerja ini sejalan dengan core values BerAKHLAK yakni Adaptif. 

"Setiap ASN untuk terus berinovasi dan antusias dalam menggerakan serta menghadapi perubahan," ujar Tjahjo.

Tjahjo menyampaikan diperlukan sikap dan pemikiran terbuka dalam berinovasi. Menurutnya, setiap ASN tak perlu kaku dalam mengembangkan sebuah inovasi, melainkan mengedepankan kolaborasi.

“Tidak melihat siapa yang mengawali, tetapi tetap berpikir positif untuk kebutuhan masyarakat dan terus mengembangkannya. Ini merupakan sikap terpuji yang harus dikedepankan,” ucap Tjahjo. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement