Jumat 19 Nov 2021 13:11 WIB

Cat 320 GX dan Inovasi untuk Merespons Peluang Baru

Tiga pemicu perubahan besar saat ini adalah digital, milenial, dan pandemi.

Pakar leadership dan self-improvement Jamil Azzaini.
Foto: Dok
Pakar leadership dan self-improvement Jamil Azzaini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai perusahaan penyedia solusi alat berat catterpilar di Indonesia, PT Trakindo Utama meluncurkan inovasi terbaru Cat 320 GX, yaitu ekskavator hidrolik (hydraulic excavator). Keunggulan cat terbaru ini sangat mendukung sektor industri beroperasi lebih produktif dan efisien.

Hal itu juga membuat pemilik usaha dan pelanggan bisa melewati perubahan besar yang menyentuh berbagai sendi, mulai model bisnis dan kemitraan baru, hingga inovasi untuk merespons peluang yang muncul. Harapannya dengan membeli dan mengoperasikan Cat 320, kinerja usaha sektor industri dapat tumbuh kembali dan investasi yang ditanamkan berbuah profit dengan lebih cepat.

Baca Juga

Cat 320 GX ditujukan untuk terus mendukung pelanggan menghadapi berbagai tantangan dunia usaha, baik pada masa pandemi maupun jangka panjang. Sehingga sektor industri yang mengoperasikan cat bisa lebih produktif dan efisien dalam menjalankan misi perseroan.

Pakar leadership dan self-improvement Jamil Azzaini, menyebut, dunia usaha kini mengalami berbagai perubahan besar yang diliputi ketidakpastian. Tiga pemicu perubahan bagi perusahaan saat ini, adalah digital, milenial, dan pandemi.

Menurut Jamil, pada masa seperti ini, pelaku usaha dan pemimpin perusahaan harus cermat memilih investasi yang tepat. Investasi yang pas bisa dilihat dari pemilihan anggota tim dan pemilihan alat untuk produksi atau kerja yang tepat.

Trakindo pun merespon hal itu dengan membekali pemilik usaha dan pelanggan untuk mencari solusi menavigasi perubahan lewat pola kepemimpinan dan prinsip usaha yang progresif. Jamil pun menekankan peran penting pemimpin menavigasi dunia usaha pada masa perubahan yang serba cepat seperti sekarang.

"Perubahan harus dianggap lazim, bahkan tepatnya tidak ada yang bertahan, kecuali perubahan. Jika dirangkum, ada tiga peran pemimpin usaha di masa perubahan yaitu mengangkat moral tim, menggerakkan produktivitas tim, dan menjaga kelangsungan bisnisnya," tutur Jamil dalam siaran di Jakarta, Jumat (19/11).

Mengangkat moral tim, menurut Jamil, menjadi tugas paling awal yang dilakukan pemimpin. Hal itu karena anggota tim sedang berpindah zona, dari zona nyaman saat semua terkendali, ke zona rentan saat pandemi menghantam dunia usaha dengan keras dan membawa berbagai ketidakpastian.

Kini, mereka memasuki zona belajar ketika harus menyusun kembali pola dan metode baru untuk mencapai tujuan. Pendiri Kubik Leadership itu kemudian mengupas cara agar usaha terus tumbuh dan bahkan bertahan turun-temurun menyikapi peluang dan tantangan baru.

Kuncinya adalah memiliki purpose atau alasan mendasar untuk lahir dan hadir di pasaran. Alasan itu tidak cukup jika cuma mengejar profit, sebab hal itu hanya jangka pendek. Sebaiknya purpose tersebut bisa menjadi kontribusi bagi dunia, bangsa, dan kehidupan.

"Ini membuat kita saat berbisnis tidak merasa berbisnis, melainkan seperti sedang menjalankan misi, namun tetap mendapat bayaran dan mengumpulkan keuntungan," jelas Jamil.

Solusi masa krisis

Construction and ForAg Marketing and Sales Division Head Trakindo, Arif Prawira, meyakini kehadiran Cat 320 GX dapat menjadi solusi untuk mengokohkan performa keuangan perusahaan pada masa krisis seperti sekarang ini. Pasalnya, Cat 320 GX adalah produk inovatif keluaran terbaru perseroan yang sudah mengabdi untuk negeri selama 50 tahun.

Ekskavator hidrolikdi kelas 20 ton ini memiliki performa luar biasa dengan harga terjangkau, sehingga kehadirannya mampu membantu mengembalikan modal pelanggan yang berinvestasi lebih cepat. Dengan bobot 20,5 ton dan kapasitas bucket 0,9 meter kubik, ekskavator bisa optimal di seluruh aplikasi alat berat.

Dengan mesin empat silinder, Cat C4.4 bertenaga 145 horse power sangat kuat, tangguh, dan teruji kala dioperasikan di lapangan. Selain itu, Cat 320 GX juga memberi pelanggan opsi yang lebih hemat bahan bakar, sebab mengonsumsi biosolar, baik B30 atau di atasnya. Sisi positif lainnya, jelas ramah lingkungan.

Kombinasi produktivitas tinggi, hemat bahan bakar dan biaya perawatan, serta harga pembelian lebih terjangkau menjadikan Cat 320 GX bisa diandalkan untuk mengembalikan modal dengan lebih cepat. Dengan berbagai keunggulan seperti itu maka pelanggan tidak perlu ragu mendapatkan kompensasi setimpal.

"Fitur produktivitas tinggi dibarengi biaya investasi terjangkau membuat Cat 320 GX sangat ideal bagi pelanggan yang mencari komposisi spesifikasi dan harga yang sesuai dengan modal usaha," ujar Arif.

Product Manager Trakindo, Desman Parulian Tambunan, menambahkan, Cat 320 GX mampu menghemat bahan bakar hingga 15 persen dibandingkan model sebelumnya. Peningkatan itu menghasilkan katup yang dikontrol secara elektronik untuk mengarahkan daya ke target tepat hidraulik, sehingga menghemat bahan bakar.

"Kami juga memberikan Program Jaminan Penghematan Bahan Bakar, konsumsi bahan bakar rata-rata Cat 320 GX adalah 12 liter per jam, artinya jika ada kelebihan, Trakindo akan mengganti selisihnya," katanya.

Menurut Desman, ada dua mode opsional di Cat 320 GX yang membantu operator dalam mengelola konsumsi bahan bakar. Mode daya (power) adalah pengaturan tradisional di mana operator dapat menambah atau mengurangi daya secara manual.

Adapun mode cerdas (smart) bekerja dengan menyesuaikan daya secara otomatis untuk berbagai beban kerja, daya maksimum untuk penggalian yang sulit, dan lebih rendah untuk pemuatan yang lebih ringan. Kondisi menghasilkan efisiensi pengoperasian yang lebih tinggi tanpa mengurangi kinerja.

"Poin plus lainnya adalah biaya perawatan, yang bisa lebih rendah hingga 20% dari pendahulunya. Interval penggantian filter diperpanjang dengan meningkatkan masa pakai filter bahan bakar menjadi 1.000 jam, filter hidraulik menjadi 3.000 jam, dan filter udara menjadi 1.000 jam," ucap Desman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement