Selasa 16 Nov 2021 12:42 WIB

Pakar: Protokol Kesehatan Mulai Kendur di Ruang Publik

Masyarakat diingatkan untuk ketat menerapkan protokol kesehatan di ruang publik.

Calon penumpang pesawat terbang diperiksa sebelum memasuki area Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Selasa (26/10). Penerapan protokol kesehatan di ruang publik dinilai mulai kendur.
Foto:

Prof Tjandra menceritakan bahwa dirinya bersama tiga orang anggota keluarga lainnya pernah berkunjung ke pusat perbelanjaan, namun kewajiban melakukan pemindaian QR Code di aplikasi PeduliLindungi hanya pada satu orang. Mantan direktur WHO Asia Tenggara tersebut menegaskan bahwa penerapan protokol kesehatan pada intinya adalah sebagai perlindungan pada diri sendiri agar tidak tertular virus di tempat umum.

photo
Sejumlah protokol kesehatan yang harus diikuti dan dijalankan jika Mal dan pusat perbelanjaan kembali dibuka. - (Republika)

Begitu juga dengan vaksinasi, menurut Tjandara, yang merupakan bentuk proteksi diri dan orang-orang lingkungan terdekat agar tidak terinfeksi dan jatuh sakit karena Covid-19. Meskipun pemerintah menerapkan kebijakan PPKM atau mewajibkan vaksinasi bagi masyarakat, namun pada dasarnya penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi tersebut adalah untuk kepentingan masyarakat itu sendiri.

"Jadi upaya-upaya yang dilakukan itu, baik 5M dan vaksinasi, harus kita lakukan pertama demi melindungi kita dan orang yang kita cintai yang penting. Kalau kemudian punya dampak komunitas itu hal berikutnya, tapi ayo kita lakukan demi melindungi kita sendiri supaya kita semua tetap sehat," kata Prof Tjandra.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement