Selasa 16 Nov 2021 04:18 WIB

Cegah Covid-19 Naik Lagi, Pemkot Sukabumi Geber Prokes

Petugas juga membagikan masker sebanyak 500 buah dan membagikan pamflet

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Gerakan bersama (Geber) wawar protokol kesehatan di pusat keramaian Kota Sukabumi, Jumat (12/11)
Foto: istimewa
Gerakan bersama (Geber) wawar protokol kesehatan di pusat keramaian Kota Sukabumi, Jumat (12/11)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Kota Sukabumi menggencarkan upaya edukasi kepada warga tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran Covid-19. Langkah tersebut dikemas dengan kegiatan Gerakan Bersama (Geber) berupa imbauan (wawar) keliling kota mengenai penerapan protokol kesehatan.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari memperingati Hari Kesehatan Nasional pada 12 November 2021. Elemen yang terlibat mulai Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Dinas Satpol PP dan Damkar, dan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi.

Baca Juga

'' Geber wawar keliling kota dilakukan dibeberapa ruas jalan utama di Kota Sukabumi misalnya di Jalan R Syamsudin SH, Jalan Ahmad Yani dan Bhayangkara,'' ujar Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Ima Salamah, Senin (15/11). Aksi ini dilakukan mulai Jumat (12/11) lalu.

Dalam momen tersebut lanjut Ima, petugas juga membagikan masker sebanyak 500 buah dan membagikan pamflet mengenai pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan prokes. Intinya wawar tersebut merupakan bagian dari edukasi pencegahan penyebaran Covid-19 agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker ketika beraktivitas diluar rumah.

 

Sebab lanjut Ima, dikhawatirkan ada warga yang beranggapan bahwa pandemi telah usai. Padahal belum sehingga warga harus diingatkan kembali dengan memberikan informasi mengenai prokes.

'' Disiplin masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan diharapkan tidak turun supaya kasus Covid-19 tidak mengalami lonjakan kembali,'' ungkap Ima. Upaya ini memang tidak mudah, namun petugas tidak akan bosan dalam memberikan edukasi mengenai prokes dan betharap pandemi segera berakhir.

Selain prokes sambung Ima, pemkot melalui dinkes melakukan upaya vaksinasi kepada warga. Layanan tersebut tersedia di semua layanan kesehatan yakni 15 puskesmas dengan dua sentra vaksinasi di Gedung Korpri dan Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Sukabumi Lulis Delawati mengatakan, vaksinasi Covid-19 kini digelar di setiap puskesmas. Misalnya digelar di Puskesmas Lembursitu, Nenggeleng, dan Baros yang menggelar vaksinasi Senin 15 November hingga Kamis 18 November 2021.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement