Senin 15 Nov 2021 12:13 WIB

Survei: Tren Elektabilitas Prabowo Turun, Ganjar Naik 

Tren elektabilitas Ganjar Pranowo selama setahun ini mengalami peningkatan. 

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politika Research and Consulting (PRC) merilis hasil survei terbaru bertajuk 'Laporan Hasil Survei Nasional Potret Kinerja Pemerintahan dan Kandidat Capres-Cawapres 2024. Hasilnya, Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC) Rio Prayogo mengatakan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan masih di tiga teratas dengan elektabilitas tertinggi.

Dalam survei terbaru (top of mind), diketahui elektabilitas Prabowo di angka 14,7 persen. Ganjar Pranowo 11 persen, dan Anies Baswedan 7,7 persen. "Di survei kami sebelumnya, nama Prabowo dan Ganjar serta Anies itu cukup konsisten ada di peringkat teratas. Namun ada penurunan tren, selama setahun ini dari Prabowo Subianto dari 19,7 persen menjadi 14, 7 persen," kata Rio dalam pemaparannya secara daring, Senin (15/11).

Baca Juga

Rio mengatakan, hal itu terjadi mengingat semakin banyaknya nama-nama calon presiden bermunculan jelang Pilpres 2024. Masifnya serangan dari para bakal calon presiden, baik melalui darat maupun udara, akan berpengaruh terhadap elektabilitas Prabowo. 

"Jadi semakin banyak pemilih yang  ada maka semakin berpotensi Prabowo mengalami penurunan," ujarnya.

Sementara itu, tren elektabilitas Ganjar Pranowo selama setahun ini mengalami peningkatan. Elektabilitas Ganjar cenderung konsisten baik dalam pertanyaan terbuka maupun tertutup.

"Artinya agresivitas Ganjar, pola pencitraan Ganjar relatif lebih diterima atau approval rating terhadap Ganjar Pranowo itu mengalami peningkatan yang cukup signifikan," ucapnya.

Dalam simulasi 21 nama, elektabilitas Prabowo di angka 21,1 persen. Ganjar Pranowo 20,5 persen, dan Anies Baswedan di angka 13,6 persen. Survei tersebut menggunakan metode multistage random sampling dengan melibatkan 1.220 responden yang tersebar di 34 provinsi dan 122 kabupaten/kota. Margin of Error sebesar 2,9 persen dengan  tingkat kepercayaan 95 persen.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement