Jumat 12 Nov 2021 15:00 WIB

Menlu Inggris Kunjungi Monumen Olivia Raffless di KRB

Menlu Truss Truss terkesima dan berfoto di depan bambu raksasa di Kebun Raya Bogor.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Luar Negeri Inggris, Elizabeth Mary Truss alias Liz Truss mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jumat (12/11).
Foto: Dok. Humas Kebun Raya Bogor
Menteri Luar Negeri Inggris, Elizabeth Mary Truss alias Liz Truss mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jumat (12/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Setelah mengunjungi Bogor Creative Center (BCC), Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Elizabeth Mary Truss juga mendatangi Kebun Raya Bogor (KRB), Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/11). Dalam kunjungannya, Liz Truss meninjau berbagai tempat bersejarah di KRB yang berkaitan erat dengan Inggris, seperti Monumen Olivia Raffless.

General Manager Corporate Communication & Security PT Mitra Natura Raya (MNR) KRB, Zaenal Arifin, mengatakan selama satu jam di KRB, Truss didampingi oleh perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dian Latifah.

Baca Juga

"Di depan monumen yang dibangun Thomas Stamford Raffles, Mrs Truss menyerahkan cenderamata kepada pihak BRIN yang diwakilkan oleh Ibu Dr Dian Latifah," ujar Zaenal kepada Republika di Kota Bogor, Jumat (12/11).

Selain itu, kata Zaenal, Truss juga mengunjungi Seed Bank atau Bank Biji di dalam KRB. Dia menyebut, Bank Biji tersebut merupakan hasil kerja sama antara BRIN dan Millenium Seed Bank, Royal Botanic Garden Kew, Inggris sejak 2016.

Zaenal menjelaskan, Royal Botanic Gardens telah mendukung 20 perjalanan BRIN untuk mengeksplorasi dan mengumpulkan biji-bijian dari seluruh hutan di Indonesia. BRIN juga menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Inggris, sehingga Bank Biji di KRB bisa terwujud.

Dia menuturkan, dalam perjalanannya Truss juga sempat turun untuk berfoto di depan bambu raksasa. "Beliau terkesima dengan adanya koleksi bambu raksasa di KRB, bahkan juga mencoba memainkan musik dengan memukul bambu tersebut," kata Zaenal.

Perjalanan Truss di KRB ditutup dengan berfoto di belakang halaman Istana Bogor, yang dulunya pernah ditempati oleh Thomas Stamford Raffles pada 1811 hingga 1816. "Beliau merasa kagum dengan koleksi tanaman air Victoria amazonica dan Nelumbium nucifera yang berada di area Kolam Gunting," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement