Kamis 11 Nov 2021 19:01 WIB

Megawati Berkontemplasi, Golkar Sudah Siap Tampung Ganjar

PDIP masih menunggu hasil kontempelasi Megawati soal capres

Rep: Nawir Arsyad Akbar, Antara/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
Foto: Istimewa
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum memutuskan hal-hal yang berkaitan dengan pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Politikus PDIP, Andreas Hugo Pareira, mengatakan segala hal terkait Pilpres termasuk calon presiden (Capres) merupakan kewenangan Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum.

"Di PDIP kita tak melihat itu (hasil survei) sebagai satu-satunya (acuan), ada cara lain bagaimana membuat keputusan itu yang saya kira perlu dipahami lebih jauh. Ibu perlu waktu untuk melakukan perenungan, kontemplasi," ujar Andreas di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (11/11).

Baca Juga

Munculnya deklarasi relawan yang mendukung kader tertentu juga tak menjadi acuan PDIP dalam menunjuk seseorang sebagai calon presiden. Sebab, terkait keputusan tersebut harus melewati banyak pertimbangan dan mekanisme politik.

"Kita tunggu apa keputusan dari ketum nanti. Bahwa apa yang sekarang ada adalah akumulasi dan kita berharap ke depan akan terjadi akumulasi kekuatan siapa yang diusung partai," ujar Andreas.

Kendati demikian, ia menilai bahwa relawan menjadi salah satu faktor pendorong meningkatkan elektabilitas seseorang. Ia melihat, relawan adalah aset politik dalam setiap kontestasi.

"Relawan ini memang aset, ini aset politik, aset elektoral yang harus dimanage dengan baik, dikelola dengan baik," ujar anggota Komisi X DPR itu.

Namun, relawan ini perlu dikelola dengan baik untuk memunculkan manfaat elektoran bagi orang yang didukungnya. Hal tersebut berhasil, ketika relawan berperan dalam pemenangan Joko Widodo pada 2014 dan 2019. "Sehingga faktor relawan memang kemudian mendongkrak bener, membuat politik itu menjadi meriah. Meriah dalam arti tingkat partisipasinya, tetapi juga ini mendorong elektabilitas dan juga pihak pemenangan," ujar Andreas.

Seperti diketahui, saat ini ada dua kader PDIP yang santer diprediksi bakal maju di Pilpres. Keduanya yakni Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Bahkan, keduanya telah mendapat dukungan dari sejumlah kelompok relawan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement