Rabu 10 Nov 2021 13:59 WIB

Hari Pahlawan, Kemensos Gelar Tabur Bunga di Laut

Acara ini digelar di atas geladak buritan KRI Semarang-594.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purnowo menaburkan bunga di atas Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, Rabu (10/11).
Foto: Flori Sidebang/Republika
Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purnowo menaburkan bunga di atas Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, Rabu (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Sosial (Kemensos) melaksanakan kegiatan tabur bunga di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (10/11) dalam rangka memeringati Hari Pahlawan. Acara ini digelar di atas geladak buritan KRI Semarang-594 dengan melibatkan berbagai pihak, seperti TNI-Polri dan Pramuka.

"Di peringatan 10 November, Kemensos bekerja sama dengan TNI AL mengadakan upacara tabur bunga di laut sebagai bagian dari upaya mengenang jasa-jasa para pahlawan yang mendahului kita," kata Staf Khusus Menteri Bidang Hubungan dan Kementerian Luar Negeri Kemensos, Faozan Amar saat ditemui di lokasi.

Baca Juga

Faozan mengatakan, peringatan Hari Pahlawan tahun ini mengangkat tema 'Pahlawanku Inspirasiku'. Ia menjelaskan, kemerdekaan yang diraih Indonesia merupakan hasil perjuangan para pahlawan yang dilakukan tidak hanya secara fisik, tapi juga perjuangan secara ide gagasan dan pemikiran.

"Karena bagaimanapun pahlawan telah memberikan inspirasi, tidak hanya kepada diri dan keluarga, juga kepada bangsa. Maka inspirasi ini harus kita lestarikan oleh generasi muda, generasi bangsa Indonesia yang merupakan penerus cita-cita pewaris perjuangan bangsa," ungkap dia.

Adapun KRI Semarang-594 bergerak dari Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara sekitar pukul 07.30 WIB. Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purnowo bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam kegiatan tabur bunga tersebut.

Para peserta upacara terlebih dahulu melakukan penghormatan terhadap arwah para pahlawan. Kemudian, Wakasal melarungkan karangan bunga serta menaburkan bunga di atas Perairan Kepulauan Seribu dan diikuti oleh seluruh peserta upacara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement