Senin 08 Nov 2021 18:16 WIB

BPOM Tunggu Kelengkapan Data Sinovac untuk Anak 3-5 Tahun

BPOM telah memberikan EUA vaksin Sinovac untuk anak usia 6 tahun ke atas.

Vaksin Covid-19 Sinovac. BPOM masih menunggu kelengkapan data keamanan vaksin Covid-19 Sinovac untuk anak usia 3-5 tahun.
Foto:

Penny mengatakan, varian vaksin tersebut telah menambah ketersediaan vaksin di Indonesia yang mewakili semua platform yang ada di dunia. Platform vaksin tersebut ialah ini inactivated virus, viral factor, mRNA, dan protein subunit.

Sementara itu, Pemerintah akan memenuhi stok vaksinasi anak 6-11 tahun dengan pemesanan kembali ke Sinovac. Pesanan akan dilakukan dalam bentuk jadi atau bahan baku bulk. Vaksinasi anak 6-11 tahun membutuhkan tambahan 25 juta-30 juta dosis.

photo
Perkembangan uji coba vaksin Covid-19. - (Republika)

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, harus melakukan pemesanan tambahan karena pesanan vaksin saat ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan vaksin pada rentang usia 6-11 tahun.

"Karena, pesanan yang saat ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan vaksin pada rentang ini. Fokus kita adalah pemberian vaksiansi pada dewasa dan lansia yang memang akan sakit berat dan kematiannyaa lebih tinggi risikonyaa tiga-lima kali lipat dibandingkan anak-anak," katanya, Rabu (3/11).

Sementara itu, produsen vaksin CoronaVac, Sinovac Biotech Ltd, telah menyerahkan data hasil uji coba Fase I dan II yang melibatkan anak-anak berusia tiga hingga 17 tahun kepada pemerintah Hong Kong. Sinovac mengklaim, vaksin Covid-19 yang dikembangkannya terbukti aman untuk anak-anak dan bayi berusia enam bulan.

"Sejauh ini yang kami lihat adalah tidak ada reaksi serius dan merugikan untuk digunakan kepada anak-anak," ujar direktur urusan medis Sinovac, Gao Yongjun, dilansir Asia One, Senin (8/11).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement