Sabtu 06 Nov 2021 13:19 WIB

Empat Wartawan PWI Depok Lulus UKW Tingkat Utama di Antara

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di LKBN Antara diikuti 34 peserta dari Jabodetabek.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
 Empat wartawan PWI Depok, termasuk Rusdy Nurdiansyah dari Republika (kiri) lulus memuaskan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tingkat Utama, Sabtu (6/11).
Foto: Istimewa.
Empat wartawan PWI Depok, termasuk Rusdy Nurdiansyah dari Republika (kiri) lulus memuaskan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tingkat Utama, Sabtu (6/11).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sebanyak empat peserta wartawan dari PWI Kota Depok Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tingkat Utama Dewan Pers yang digelar Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Jakarta. Uji kompetensi digelar selama dua hari, Rabu-Kamis, 3-4 November 2021.

"Mereka semua lulus cukup memuaskan," ujar penguji UKW Tingkat Utama, Priambodo atau yang akrab disapa Pak Bob, Sabtu (6/11).

Adapun keempat wartawan yang lulus UKW Tingkat Utama Dewan Pers yakni Rusdy Nurdiansyah (Republika), Rido Lingga (RRI), Hendrik Rausikiy (Elshinta), dan Wahyu Saputra (Sederhana). Selain itu, satu wartawan yang bertugas di Kota Depok Vini Rizky Amelia (Warta Kota) juga lulus memuaskan UKW Dewan Pers Tingkat Madya.

Perum LKBN Antara menggelar UKW sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN.

"Kita mengetahui bahwa saat ini siapa pun bisa mengaku menjadi wartawan. Oleh karena itu, wartawan harus memiliki sertifikasi kompetensi yaitu melalui UKW," ujar Direktur Pemberitaan Perum LKBN Antara, Akhmad Munir.

Akhmad menambahkan, UKW sebagai upaya dari Perum LKBN Antara turut serta membangun ekosistem jurnalistik nasional yang sehat dan profesional.

Kegiatan UKW ini dihadiri Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers Jamalul Insan secara virtual, serta Sekretaris Perusahaan Perum LKBN Antara Iswahyuni yang menyampaikan laporan pertanggungjawaban kegiatan UKW tersebut.

Direktur Keuangan, SDM, dan Manajemen Risiko Perum LKBN Antara Nina Kurnia Dewi menegaskan, UKW Angkatan ke-7 Antara merupakan kegiatan UKW yang dapat memberikan pengalaman dan kemampuan spesifik atau hard skill bagi para jurnalis.

"Ini pengalaman para jurnalis untuk meningkatkan kompetensinya dan Perum LKBN Antara sebagai referensi penyelenggara UKW. Ketika para jurnalis menduduki jabatan struktural di media masing-masing, pewarta cukup membekali kemampuan soft skill," jelas Nina.

Adapun UKW ini diikuti oleh 34 peserta yang berasal dari Jabodetabek, terdiri dari enam pewarta mengikuti ujian level utama, enam pewarta level madya, dan 22 pewarta pada level muda.

Sejumlah media yang mengikuti UKW, antara lain Kantor Berita Antara, Republika, RRI, Elshinta,, Harian Pakuan Raya, Radar Bogor, Warta Kota, Okezone.com, Tribunnews Bogor, dan Pojoksatu.id. Sementara itu, ada 12 penguji dan penguji magang yang akan memberikan penilaian (assesment) kepada peserta UKW.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement