Selasa 02 Nov 2021 22:29 WIB

Mengasuh Anak dalam Tradisi Muslim

Ada tiga fase dalam pengasuhan menurut Islam.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Mengasuh Anak dalam Tradisi Muslim
Foto:

Fase Ketiga

Pada fase tujuh tahun ketiga adalah tentang menjadi ramah dengan anak-anak dan memperkuat hubungan yang langgeng berdasarkan rasa saling percaya dan pengertian. Pada saat ini, anak-anak berada dalam fase remaja akhir dan mempersiapkan diri untuk dewasa penuh dan penuh dengan ide dan energi. Mereka harus dibimbing dengan bijaksana dan menunjukkan rasa hormat dan jangan pernah meremehkan atau mengejeknya.

Teknik disiplin positif yang sesuai dengan usia

Ada berbagai teknik disiplin yang dapst disesuaikan dengan rentan usia anak, seperti penghargaan dan sanksi, yang perlu diterapkan selama berbagai fase pertumbuhan anak. Anak-anak membutuhkan otonomi dan kebebasan, tetapi seiring bertambahnya usia, disiplin kreatif sangat penting untuk kesuksesan mereka. Cinta dan perhatian harus berlimpah dalam kehidupan seorang anak.

Disiplin memiliki spektrum dan ini umumnya dimulai dengan orang tua menjadi panutan di satu sisi dan menghadapi perilaku negatif dengan beberapa teknik disiplin di sisi lain. Anak-anak secara alami akan membuat kesalahan. Orang tua harus memperlakukan anak-anak sebagai anak-anak, bukan dewasa muda.

Sangat penting bagi orang tua untuk mempertimbangkan usia, kematangan mental, dan temperamen anak. Sebelum menerapkan teknik disiplin apapun, orang tua dan orang dewasa harus mengingat nilai, kebiasaan, dan budaya saat itu.

Komunikasi yang tepat dan tepat waktu dengan mereka sangat penting. Berteriak dan menyuruh mereka pergi justru dapat merusak harga diri mereka. Dengan semakin pentingnya pengasuhan yang positif dan kelembutan di rumah serta disiplin yang tegas di sekolah, anak-anak dapat melewati ketiga fase perkembangan dengan landasan tanggung jawab pribadi dan sosial yang kuat.

Ibu dan ayah harus meningkatkan dan menjadikan rumah mereka sebagai contoh sekolah atau madrasah kehidupan nyata. Orang tua harus menempatkan pendidikan dan pembangunan karakter anak-anak mereka di atas tugas orang tua mereka.

photo
Anak-anak bermain di Dermaga Beo, Pulau Karakelang, Talaud, Sulawesi Utara, Rabu (27/10/2021). Pulau Karakelang merupakan salah satu pulau terbesar di Kabupaten Talaud yang memiliki laut yang bersih serta menawarkan panorama indah sebagai daya tarik utama wisatanya. - (ANTARA/Adwit B Pramono)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement