Selasa 02 Nov 2021 22:29 WIB

Mengasuh Anak dalam Tradisi Muslim

Ada tiga fase dalam pengasuhan menurut Islam.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Mengasuh Anak dalam Tradisi Muslim
Foto:

Melansir dari About Islam, ada tiga fase dalam pengasuhan menurut Islam.

Fase pertama

Pada tujuh tahun pertama usia anak adalah semua tentang memberikan cinta dan kasih sayang tak terbatas, memberikan kehangatan, perawatan dan keselamatan untuk anak di lingkungan rumah yang positif  Peran ibu, ayah, dan orang dewasa lainnya di sekitar berkontribusi pada proses pertumbuhan manusia yang luar biasa ini.

Bayi yang baru lahir dihujani cinta dari kedua orang tuanya memungkinkan mereka untuk tumbuh dengan kebebasan berpikir, meskipun dalam batas-batas yang sesuai untuk usia dan kedewasaan mereka. Ketika anak-anak datang ke dunia dengan otak yang tajam dan pikiran yang serba ingin tahu, mereka menyerap segala sesuatu di sekitar mereka seperti spons. Orang tua harus membantu mereka dengan pembelajaran yang tidak dipaksakan, sesuai usianya.

Fase Kedua

Pada fase tujuh tahun kedua, penekanannya harus pada pendidikan dan pembelajaran anak-anak melalui perencanaan yang matang dan disiplin positif, yang ditopang oleh cinta dan kasih sayang. Selama fase ini, keterampilan fisik dan mental anak-anak berkembang dengan tajam dan mereka membutuhkan keterampilan sosial dan kehidupan serta harga diri yang positif melalui pengetahuan tentang diri mereka sendiri, jenis kelamin, keyakinan, etnis, dan banyak aspek identitas mereka.

Intensitas percakapan di rumah meningkatkan intelektual mereka dan memberi mereka keterikatan emosional dengan keluarga, iman, dan komunitas mereka sendiri. Pekerjaan rumah tangga yang sederhana membekali mereka dengan kepercayaan diri, kegembiraan membantu orang tua, dan rasa tanggung jawab.

Ketika masa remaja dimulai pada fase ini, perubahan hormonal, fisik dan emosional sering menjadi masalah atau perhatian. Orang tua, guru, dan profesional lainnya harus menyadari tantangan dari fase transisi ini dan melengkapi diri mereka untuk menangani hal ini dengan lembut namun kuat. Penting bagi orang dewasa untuk mengadopsi strategi perilaku yang sesuai dan secara konsisten menerapkannya dengan empati. 

photo
Keluarga umat Muslim Bangladesh berdoa sebelum berbuka puasa di rumahnya pada bulan suci Ramadhan di Dhaka, Bangladesh, Rabu (13/5). - (EPA-EFE/MONIRUL ALAM)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement