Selasa 02 Nov 2021 10:33 WIB

Anak 6 Tahun Diizinkan Vaksinasi, Bio Farma: Stok Aman

Bio Farma kembali mendatangkan vaksin Sinovac sebanyak 40 juta dosis.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Vaksin Covid-19 Sinovac
Foto:

Di sisi lain, Badan Obat-obatan dan Makanan (FDA) Amerika Serikat mengizinkan vaksin Covid-19 dari Pfizer dan BioNTech diberikan pada anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun. Dengan keputusan ini maka untuk pertama kalinya anak-anak di AS menerima vaksin Covid-19.

Suntikan vaksin akan segera diberikan pada kelompok anak-anak tersebut. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS masih harus memberikan saran tentang bagaimana suntikan diberikan yang akan diputuskan setelah kelompok penasihat luar membahas rencana tersebut pada Selasa (2/11).

Pfizer mengatakan akan mulai mengirimkan botol vaksin pediatrik ke apotik-apotik, dokter-dokter anak dan tempat lain Sabtu (30/10) ini agar vaksin dapat segera diberikan. Setelah keputusan FDA ini diharapkan AS dapat menyediakan vaksin untuk 28 juta anak-anak di AS yang akan kembali sekolah tatap muka.

photo
Vaksinator mengambil botol kosong vaksin Covid-19 jenis Pfizer.  - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Keputusan ini diambil setelah panel penasihat FDA memilih untuk merekomendasikan regulator itu untuk mengizinkan vaksin Covid-19 untuk anak-anak Selasa (26/10) kemarin. Hingga saat ini hanya beberapa negara seperti China, Kuba, dan Uni Emirat Arab yang mengizinkan pemberian vaksin Covid-19 pada anak-anak.

FDA mengizinkan pemberian 10 mikrogram dosis vaksin Pfizer-BioNTech untuk anak-anak. Lebih rendah dari kelompok usia 12 tahun ke atas yang sebanyak 30 mikrogram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement