Kamis 28 Oct 2021 19:04 WIB

Pengaplikasian Machine Learning Dalam Aktivitas Sehari-Hari

Seminar online seperti ini memang sudah menjadi agenda rutin tiap semester

Machine learning sendiri merupakan bagian dari implementasi artificial intelegence (AI) yang memanfaatkan data untuk membuat prediksi layaknya manusia.
Foto: istimewa
Machine learning sendiri merupakan bagian dari implementasi artificial intelegence (AI) yang memanfaatkan data untuk membuat prediksi layaknya manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sebagai upaya untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa, serta sebagai wadah untuk menjembatani mahasiswa ke dunia kerja, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melalui program studi (prodi) Teknologi Komputer dan Ilmu Komputer, telah sukses menyelenggarakan seminar online.

Acara yang berlangsung pada Selasa, (26/10) secara daring mengundang Co-Founder PT. Profio Teknova Indonesia, Agus Budi Rahardjo sebagai narasumber.

Kegiatan yang mengambil tema ‘Pengenalan Machine Learning Sebagai Core Aplikasi’ ini diprakarsai oleh prodi Teknologi Komputer dan Ilmu Komputer Universitas BSI kampus Utama, Universitas BSI kampus Tegal dan Universitas BSI kampus Purwokerto.

Seminar online ini juga turut dihadiri  kaprodi Teknologi Komputer Universitas BSI, Rachmat Adi Purnama dan kaprodi Teknologi Komputer Universitas BSI kampus Purwokerto Nuzul Imam Fadlilah.

Dalam sambutannya, Nuzul mengatakan, seminar online seperti ini memang sudah menjadi agenda rutin tiap semester prodi Teknologi Komputer, Universitas BSI. Tak terkecuali juga kegiatan sertifikasi kompetensi.

“Bagi seluruh peserta seminar online, silakan ambil manfaat sebanyak-banyaknya, dari narasumber yang kami hadirkan. Jadikan kegiatan ini sebagai bentuk investasi untuk masa depan adik-adik mahasiswa,” ujar Nuzul, Selasa, (26/10).

Sementara itu, Agus dalam materinya menjelaskan, machine learning sendiri merupakan bagian dari implementasi artificial intelegence (AI) yang memanfaatkan data untuk membuat prediksi layaknya manusia. 

“Teknologi machine learning sudah banyak digunakan dalam aktivitas sehari-hari, seperti penerapan machine learning sebagai monitoring, verification & identification, document digitization, dan meeting analytics,” papar Agus, Selasa, (26/10).

Dalam machine learning dibagi menjadi 3 kategori mengikuti tingkat tren teknologi saat ini, antara lain text processing yang bisa ditemui melalui mesin pencarian google, speech processing melalui teknologi ok google dan teknologi image processing.“Machine Learning sendiri terdiri dari tiga model yakni supervides learning, unsupervised learning dan reinforcement learning dan dapat diimplementasikan salah satunya untuk prediksi,”  katanya.

Lanjutnya, machine learning merupakan bagian dari implementasi Artificial Intelegence yang memanfaatkan data untuk membuat prediksi, layaknya manusia. “Ada beberapa algoritma yang digunakan dalam machine learning diantaranya neural network, decision tree, naïve bayes, clustering dan artificial neural network,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, mewakili Universitas BSI, Rachmat mengucapkan terima kasih atas kerja sama, dedikasi, dan kemurahan hati narasumber untuk berbagi ilmu ke mahasiswa/i Universitas BSI. “Saya berharap, semoga ilmu yang diberikan dapat diterima oleh seluruh peserta yang hadir di seminar online ini dan menjadi manfaat oleh mahasiswa/i kami,” kata Rachmat, Kamis (28/10).

 

 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement