Senin 25 Oct 2021 11:25 WIB

DRI Berencana Luncurkan Buku Kejayaan Rempah di ISBFE 2021

DRI berencana menggelar event rempah pertama di Indonesia ISBFE 2021

Secara simbolis Ketua Umum Dewan Rempah Indonesia (DRI) Ir Gamal Nasir menyerahkan buku tersebut kepada Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi di Kantor Gubernuran, Jumat (22/10).
Foto: istimewa
Secara simbolis Ketua Umum Dewan Rempah Indonesia (DRI) Ir Gamal Nasir menyerahkan buku tersebut kepada Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi di Kantor Gubernuran, Jumat (22/10).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN - Dewan Rempah Indonesia menerbitkan Buku Penetapan Hari Rempah Nasional 11 Desember dan Membangkitkan Kejayaan Rempah Indonesia, yang akan digelar 10 sampai 12 Desember di Hotel Niagara, Danau Toba, Parapat, Sumatra Utara. Acara penerbitan buku ini juga dalam rangka Bisnis Forum dan Ekspo Rempah Dunia atau Indonesia Spices Bussiness Forum & Expo (ISBFE 2021). 

Secara simbolis Ketua Umum Dewan Rempah Indonesia (DRI) Ir Gamal Nasir menyerahkan buku tersebut kepada Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi di Kantor Gubernuran, Jumat (22/10). Gubernur Sumut pun mengapresiasi rencana kegiatan tersebut. "Kita sangat mendukung kegiatan tersebut," ungkap Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Kantor Gubernuran, Medan,Jumat (22/10). 

Penyerahan buku disaksikan Ketua DRI Sumut, Nawal Lubis, Wakil Ketua DRI Sumut Khairul Mahalli, Dewan Pakar DRI Sumut Tonny Silvaraj, Kadis Perkebunan Sumut dan Kadis Pariwisata Sumut.

Acara besar ini digagas oleh Dewan Rempah Indonesia (DRI) bersama dengan Kementerian Pertanian  dan Kadin Sumatra Utara, serta Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI). Selain itu juga  mendapatkan dukungan penuh dari Kadin Indonesia, Pemerintah Daerah Sumatera Utara, dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marves), Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, kementerian Koperasi dan UKM, kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Lembaga Pemerintah lainnya.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Provinsi Sumut , Khairul Mahali selaku wakil Ketua Dewan Rempah Indonesia (DRI) Propinsi Sumut menyatakan sudah ada tiga agenda tetap pada penyelenggaraan ISBFE 2021 di Parapat-Danau Toba nanti, yaitu seminar nasional tentang produk dan prospek rempah tradisional yang berkualitas nasional bahkan internasional, forum kontak bisnis dan klinik ekspor rempah nasional asal Sumut dan pemilihan duta rempah Nusantara.

Bisnis Forum dan Ekspo Rempah Dunia ini akan diikuti oleh berbagai komponen pemangku kepentingan rempah diseluruh Indonesia dan mengundang keikutsertaan dari negara –negara lain yang selama ini merupakan importir dan pengolah rempah yang menjadi sasaran ekspor rempah Indonesia, antara lain Uni Emirat Arab, India, Maroko, Aljazair, Singapura, Tunisia, Amerika Serikat, Belanda, Brazil, Jerman, Belgia dan lain lain.

Acara Pertemuan Bisnis dan Ekspo Rempah 2021 ( ISBFE 2021 ) ini  sekaligus merupakan pengejawantahan dari amanat Presiden Joko Widodo Presiden Republik Indonesia kepada semua pemangku kepentingan rempah Indonesia untuk bersama-sama mengembalikan kejayaan rempah Indonesia.

Amanat yang sangat penting ini telah disambut oleh kementerian terkait dan dunia usaha dengan meluncurkan berbagai program yang dipopulerkan dengan nama Spice Up The World. Presiden Joko Widodo direncanakan akan meluncurkan program "Indonesia Spice Up The World" (ISUTW) dalam Expo Dubai 2020 pada Oktober 2021.

KADIN Indonesia melalui KADIN Sumatera Utara sebagai Tuan Rumah ISBFE 2021 ini berinisiatif untuk menyelanggarakan kegiatan ini yang secara nyata menjadikan ajang Komunikasi langsung para petani, pengusaha, UMKM dan pengolah rempah dalam satu forum bisnis yang benar-benar konkret , terukur meningkatkan ekonomi Nasional melalui perniagaan rempah baik di Indonesia maupun mancanegara.

Kegiatan ini diagendakan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, diselenggarakan secara offline dari kawasan Hotrel Niagara, Danau Toba, Sumatra utara serta online melalui platform virtual event.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement