Kamis 21 Oct 2021 16:06 WIB

Data Pengaduan Online KPAI Diduga Bocor, Ada di Forum Gelap

KPAI berencana membuat laporan polisi atas dugaan kebocoran data tersebut.

Formulir pengaduan online KPAI. Data pengaduan online KPAI tampak beredar di forum gelap.
Foto:

Dalam kesempatan terdahulu, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hinsa Siburian, mengungkapkan bahwa kebocoran data milik sejumlah lembaga/kementerian pemerintah terjadi karena sumber daya manusia (SDM) yang tidak memadai. Ia mengatakan, masih ada lembaga/kementerian yang memilih jalan pintas dengan menggunakan jasa pihak swasta untuk mengamankan data-data tersebut.

"Ini banyak masalah, kenapa? Karena sumber daya manusia (SDM). Masih banyak kementerian, masih ada lembaga, ya sudah, cari jalan pintas saja, sewa saja dari swasta, dia (swasta) yang mengamankan datanya dia (lembaga/kementerian). Ini permasalahan yang utama," kata Hinsa dalam acara Pembukaan Program Digital Leadership Academy 2021 yang disiarkan secara virtual, Senin (13/9).

Hinsa pun mengaku sedih ketika data pribadi milik peserta BPJS Kesehatan bocor dan tersebar luas. Saat itu, sebanyak 279 juta data peserta BPJS Kesehatan dijual di forum peretas Raid Forums pada 12 Mei 2021 lalu.

Oleh karena itu, Hinsa pun meminta kepada seluruh lembaga maupun kementerian negara untuk membangun SDM untuk mengamankan berbagai data penting yang dimiliki.

"Yang seharusnya mengamankan datanya kan harus mereka sendiri toh, masa orang lain," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement