Ahad 17 Oct 2021 02:13 WIB

Depok Gelar Vaksinasi untuk Pasien Kanker dan HIV/AIDS

Dinkes Depok gandeng YKI laksanakan vaksinasi Covid untuk pasien kanker.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bayu Hermawan
vaksinasi covid-19 (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/MAST IRHAM
vaksinasi covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Depok melaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk pasien kanker, HIV/AIDS, thalassemia dan autoimun di Rumah Sakit (RS) Hermina Kota Depok. Capaian vaksinasi Covid-19 berperan penting untuk bisa menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Ini menjadi gerakan kemanusiaan yang semua instansi harus terlibat bukan saja pemerintah tapi juga swasta agar penanganan Covid-19 bisa dilakukan secara bersama agar target sasaran vaksinasi segera tercapai," ujar Ketua YKI Kota Depok, Elly Farida.

Baca Juga

Menurut Elly, tidak ada yang harus ditakutkan dari pemberian vaksinasi Covid-19 ini. "Semua masyarakat termasuk pasien yang memiliki penyakit penyerta seperti kanker bisa mendapatkan vaksinasi, karena menjadi bentuk kebersamaan dalam memerangi Covid-19," jelasnya.

Dia mengutarakan, adapun dalam pelaksanaan vaksinasi, keterlibatan Dinkes Kota Depok sebagai penyediaan vaksin Covid-19. "Harus ada pendampingan dan pengawasan khusus demi meningkatkan imunitas tubuh mereka," terang Elly.

Direktur RS Hermina Depok, Lies Nugrohowati menjelaskan, vaksinasi massal ini diselenggarakan selama dua hari, 15-16 Oktober 2021. Adapun pada pelaksanaannya melayani pasien dari dalam maupun luar Kota Depok.

"Pasien dengan kondisi khusus yang akan mengikuti vaksinasi diingatkan untuk melakukan pendaftaran pada https://bit.ly/daftarvaksinherminadepok," ujarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement