Sabtu 09 Oct 2021 14:32 WIB

Pandemi Bikin Permintaan Madu Klanceng Meningkat

Dulu permintaan madu klanceng milik Yanto 8 liter, saat pandemi 15 liter per bulan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Teguh Waluyo menunjukan koloni lebah madu klanceng (Tertragonula drescheri) yang dibudidayakan di Peternakan Lebah Prawita Garden, Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jateng, Selasa (8/6/2021).
Foto: ANTARA/IDHAD ZAKARIA
Teguh Waluyo menunjukan koloni lebah madu klanceng (Tertragonula drescheri) yang dibudidayakan di Peternakan Lebah Prawita Garden, Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jateng, Selasa (8/6/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG-- Permintaan madu lebah klanceng (Tertragonula drescher) di tempat budi daya klanceng di Dusun Kajeran, Desa Pendowo, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, selama pandemi Covid-19, meningkat.

Pembudidaya klanceng warga Dusun Kajeran, Desa Pendowo, Yanto mengatakan, sebelum pandemi, dalam satu bulan permintaan madu klanceng sekitar delapan liter per bulan. Sekarang, madunya laku bisa mencapai 15 liter per bulan. Dia menjelaskan, madu klanceng dihasilkan oleh lebah klanceng yang memiliki rasa agak masam jika dibandingkan dengan madu lainnya.

Madu klanceng lebih encer dan diklaim memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak dibandingkan dengan madu lainnya. "Kami hanya melayani tamu yang datang saja atau kalau sudah kenal bisa lewat telepon untuk membeli atau memesan madu klanceng dengan harga Rp 150 ribu per 250 mililiter," katanya di Kabupaten Temanggung, Sabtu (9/1).

Yanto mengaku, sebelum pandemi memang belum banyak kandang lebah yang dimilikinya. Kala itu, ia lebih banyak menjual kandang lebih untuk dikembangkan peternak lain.

"Akhir-akhir ini ternyata banyak permintaan madu sehingga kami memperbanyak lagi kandang klanceng untuk diambil madunya. Selama pandemi ini, karena banyak permintaan kadang kami kehabisan stok sehingga kami harus mengambil dari mitra kami yang merupakan peternak binaan kami," kata Yanto.

Menurut dia, harga madu klanceng dengan madu lebah biasa (apis) lebih mahal madu klannceng. Kalau madu klanceng dengan botol ukuran 250 ml dengan harga Rp 150 ribu. Sedangkan madu apis hanya Rp 125 ribu dengan ukuran yang sama. Yanto mengaku, lebih memilih budi daya lebah klanceng dengan alasan mudah.

Dia harus menggembalakan dan tidak harus memberi makan. "Untuk beternak klanceng yang penting harus banyak menanam, ternak lebah klanceng ramah lingkungan, tidak ada polusi, kemudian juga ramah dengan manusia karena tidak menyengat seperti lebah lain," kata Yanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement