Jumat 08 Oct 2021 20:33 WIB

Vaksin Zifivax yang Sudah Disetujui tapi Belum akan Dipakai

BPOM sudah mengeluarkan persetujuan bagi 10 merek vaksin Covid-19.

Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19. BPOM baru saja memberikan persetujuan penggunaan bagi vaksin Zifivax.
Foto:

Sebelumnya, BPOM telah mengeluarkan EUA terhadap sembilan produk vaksin Covid-19, yaitu Vaksin CoronaVac (Sinovac), Vaksin Covid-19 Bio Farma, Vaksin AstraZeneca, Vaksin Sinopharm, Vaksin Moderna, Vaksin Comirnaty (Pfizer and BioNTech), Vaksin Sputnik-V, Janssen Covid-19 Vaccine, dan Vaksin Convidecia.

“Dengan diterbitkannya EUA untuk Vaksin Zifivax ini, maka hingga saat ini Badan POM telah memberikan persetujuan untuk sepuluh jenis vaksin Covid-19,” tutur Penny.

Direktur Utama PT JBio Mahendra Suhardono, menjelaskan alasan vaksin Zifivax diberikan tiga dosis berdasarkan hasil uji klinis yang dilakukan sebelumnya. "Saat uji klinik fase II, sebenarnya kita menguji (vaksin Zifivax) di dua dosis dan tiga dosis," kata Mahendra dalam konfrensi pers secara daring, Kamis (7/10).

Mahendra mengungkapkan sebenarnya, dua dosis sudah cukup untuk memberi perlindungan. Namun, pihaknya tidak mau bila hanya dalam kata cukup. "Kami tidak cukup dengan hanya cukup. Jadi kami ingin (hasil) yang excellent, karenanya kami lanjutkan ke tiga dosis," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, tim peneliti juga mengaku bila belajar dari vaksinasi untuk penyakit lain, biasanya memberikan lebih dari dua dosis untuk perlindungan jangka panjang. Salah satu contohnya adalah vaksinasi DPT, vaksinasi hepatitis B, dan vaksinasi polio yang biasanya diberikan tiga dosis.

Dari penelitian juga dikatakan, tubuh membutuhkan pembelajaran untuk memberi kekebalan yang sempurna. Sehingga, sangat mungkin saat diberikan dosis pertama antibodi hanya muncul sedikit, dosis kedua bertambah antibodinya, dan dosis ketiga lebih sempurna lagi

Mahendra memastikan, pemberian tiga dosis untuk vaksin Zifivax ini berdasar pada penelitian dan pembuktian di manusia melalui uji klinik. Vaksin Zifivax bisa diberikan hingga di atas 60 tahun.

Vaksin ini juga telah melakukan uji kliniknya di Indonesia. Selain di Indonesia, uji klinik juga dilakukan di China, Pakistan, Uzbekistan, dan Ekuador. Jumlah subjek sekitar 28.500 dan di Indonesia sendiri ada 4.000 subjek. Di Indonesia uji klinik dilakukan di Bandung dan Jakarta.

Pada uji fase 3, lanjut Penny, dilaksanakan di berbagai center di RSCM Jakarta, di FK Unpad Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, juga di berbagai rumah sakit yang tersebar di Bandung dan juga berbagai Puskesmas yang tersebar di Jakarta. Uji klinik ini, sambungnya, juga meningkatkan kemampuan atau menambah pengalaman Indonesia dalam uji vaksin.

"Dan (nantinya) juga akan dilakukan transtek. Saya kira itu adalah harapan kita semua bahwa ke depan kita akan terus mengembangkan kemampuan produksi dalam negeri, transfer teknologi tentunya dari produk-produk yang sudah dikembangkan di Indonesia dilakukan oleh industri farmasi BUMN maupun jaga industri Farmasi swasta dengan melakukan transfer teknologi,” ujar Penny.

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement