Kamis 07 Oct 2021 20:00 WIB

Legislator Salurkan 1.000 Dosis Sinovac untuk Padang Panjang

Sebanyak 1.000 dosis vaksin Sinovac disalurkan untuk masyarakat Kota Padang Panjang.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Mas Alamil Huda
Vaksin Covid-19 (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Vaksin Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PANJANG- Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Gerindra, Suir Syam, menyalurkan sebanyak 1.000 dosis vaksin Sinovac untuk masyarakat Kota Padang Panjang. Penyaluran dosis vaksin dilakukan dalam acara Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat (Germas) secara virtual dengan tema 'Penggunaan Alat Kesehatan (Alkes) dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga yang Benar, Pemahaman terhadap Bahaya Covid-19 serta Pemberian Vaksin'.

Sebelum melakukan sosialisasi, kegiatan diawali dengan pemberian vaksin kepada masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi. Ada sebanyak 1.000 dosis vaksin jenis Sinovac yang disalurkan melalui kegiatan yang dimulai dari pukul 07.30 WIB ini.

Berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya, sebanyak 90 persen masyarakat Padang Panjang sudah memiliki pemahaman dan pengetahuan mengenai Covid-19, beserta dampak atau bahayanya. "Namun menjaga konsistensi dalam disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) mencegah paparan Covid-19 merupakan tantangan yang terjadi saat ini," kata Suir, Kamis (7/10).

Ia mengharapkan, seluruh masyarakat untuk kembali membangun kesadaran dalam menjaga hidup bersih serta disiplin menjalankan prokes. Sehingga potensi sebaran yang lebih luas dapat dicegah. Karena, lanjut Suir, untuk mengurangi kasus yang lebih mengkhawatirkan, masyarakat harus lebih mewaspadai penyebarannya. Yakni dimulai dari menanamkan kesadaran kepada keluarga agar selalu taat prokes.

Melalui sosialisasi Germas dan Pengendalian Pandemi Covid-19 ini, Suir Syam mengajak masyarakat untuk menjaga imunitas melalui pola asupan yang sehat. Makanan sehat, kata dia, mudah diperoleh, seperti lalapan, sayur, tempe, tahu, ayam, ikan, yang diproses atau dimasak sendiri, bukan kalengan.

Selain makanan sehat, lanjut pria yang juga seorang dokter itu, imunitas dapat dibangun dengan menjaga produksi vitamin D dengan cara berjemur di pagi hari minimal 15 menit. Kemudian imunitas juga dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan, terutama vitamin C.

"Dengan membiasakan diri hidup sehat, tidak hanya mencegah paparan Covid-19, tapi juga dapat mencegah paparan penyakit lainnya," ujar Suir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement