Kamis 07 Oct 2021 15:25 WIB

23 Tahun Pernikahan, Erick Thohir Berbagi Tips Rumah Tangga

Kunci rumah tangga yang langgeng adalah saling mengisi dan mengetahui kekurangan

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Gita Amanda
Erick Thohir member hadiah berupa kambing putih yang diberi nama Ambyar pada hari perayaan ulang tahun pernikahan yang ke 23.
Foto: instagram
Erick Thohir member hadiah berupa kambing putih yang diberi nama Ambyar pada hari perayaan ulang tahun pernikahan yang ke 23.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Menteri BUMN Erick Thohir membagikan tips menjaga dan mempertahankan rumah tangga. Tahun ini pernikahan Erick Thohir dan istrinya, Elizabeth Tjandra, telah mencapai ulang tahun yang ke-23.

Di acara Rumah Mamah Dedeh yang tayang di TVOne, Kamis (7/10) pagi, Erick berbagi tips bagaimana ia bisa mempertahankan rumah tangga selama 23 tahun ini. Erick mengungkap kunci rumah tangga yang sakinah yang seyogyanya dilakukan oleh pasangan suami-istri.

Baca Juga

Ia mengatakan, setelah menikah suami dan istri harus saling menghargai dan saling mengerti. Apalagi, dikatakannya istrinya merupakan seorang mualaf. Karena itu, Erick mengatakan sebagai suami ia memiliki beban yang lebih berat untuk membimbing istrinya.

Kehidupan rumah tangga memang tidak selalu mulus dan terkadang dibumbui dengan pertengkaran. Namun, Erick mengatakan bahwa baik suami maupun istri harus saling introspeksi diri.

"Biasanya suami istri itu saling menyalahkan, tetapi sebenarnya jika ada yang berantem pasti dua-duanya salah. Tentu kunci rumah tangga itu tadi, kita itu tidak sempurna, kita punya kekurangan. Justru Allah SWT menjodohkan kita itu untuk saling mengisi," kata Erick.

Selain saling menghargai, menurutnya, kunci rumah tangga yang langgeng adalah saling mengisi dan mengetahui kekurangan masing-masing. Erick kemudian memuji istrinya yang dengan sabar menemaninya hingga detik ini. Baginya, sang istri adalah sosok yang mengerti dirinya.

"Apalagi sudah pernikahan di atas 20 tahun, mestinya saling tambah mengerti, bukan tambah gak ngerti. Saya rasa saya dapat istri yang spesial, karena saya melihat bagaimana dia mengerti saya, ditinggal ke luar negeri ngurusin bola sabar, Alhamdulillah, saya rasa itu rahasia Allah SWT kita tidak tahu," ujarnya.

Pada momen memperingati hari jadi pernikahan pada September 2021 lalu, Erick memberikan kado yang tak biasa, yaitu seekor anak kambing putih, untuk istri tercinta. Kado itu dipersembahkannya sebagai bentuk kasih sayang kepada sang istri sekaligus agar momen itu menjadi kenangan manis setelah mencapai usia 23 tahun pernikahan.

"Istri kaget. Bagaimana kehidupan suami istri kan kita saling menjaga, ini kan lucu-lucuan aja kasih kambing supaya ingat udah 20 tahun nikah, sekarang dikasih kambing pasti ingat," lanjutnya.

Erick pun membagikan tips selanjutnya agar rumah tangga berjalan harmonis. Ia mengatakan, seorang suami seyogyanya mengetahui apa yang disenangi oleh istri. Menurutnya, hal itu tidak selalu harus berbentuk barang, bahkan perhatian saja pun bisa menyenangkan hati istri. Misalnya, kata dia, menyanjung atau memberi kata pujian kepada istri saat bangun tidur.

"Mesti tau kesenangan istri. Terkadang dari hal kecil bisa membahagiakan istri. Bicara baik kepada istri, dipuji, bukan karena barang. Saya rasa perhatian lebih mahal dari pada barang," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement