Rabu 06 Oct 2021 16:30 WIB

UMKM Batik Masih Butuh Dukungan untuk Bangkit

Kegiatan Batik Corner Melva Balemong membantu UMKM bangkit dari pandemi

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Peragaan ketrampilan membatik tulis, yang dapat disaksikan pada pameran karya batik bertajuk ‘Batik Corner’, yang digelar di Melva Balemong Hotel & Resort, Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (6/10). Pameran yang berlangsung sepekan ini digelar untuk membantu UMKM batik bangkit dari situasi sulit akibat pandemic Covid-19.
Foto:

Sementara itu, Public Relation Melva Balemong Hotel & Resort, Je Aprilianin menyampaikan, pameran bertajuk ‘Batik Corner’ dalam memperingati Hari Batik Nasional ini, digelar sepekan, mulai tanggal 4 sampai dengan tanggal 10 Oktober 2021 nanti. 

Dalam kegiatan ini, memang menggandeng para pelaku UMKM batik dan pelaku usaha kerajinan tangan produk batik. Tujuannya tak lain ingin memunculkan dan menumbuhkan kecintaan terhadap batik sebagai produk khas Jawa.

“Kebetulan di Melva Balemong ini juga memiliki komunitas budaya Akasa Panitipan, yang peduli terhadap pelestarian budaya dan kesenian tradisional, yang salah satunya juga memberikan perhatian khusus kepada UMKM batik,” jelasnya.

Selain itu, juga untuk mendekatkan para pelaku UMKM kepada konsuen batik. “Kebetulan selama masa pelonggaran ini kondisi okupansi, berbagai even dan kegiatan kolektif dari dalam dan luar daerah sudah mulai dilaksanakan, meski jumlah pesertanya masih terbatas,” tambahnya.

Sementara itu, mewakili Komunitas Akasa Panitipan, Lumintu menambahkan, Kegiatan Batik Corner ini merupakan salah satu upaya untuk membantu UMKM agar bangkit dari situasi sulit akibat pandemi.

 

“Dengan cara ini, semoga para tamu resort atau tamu yang berkegiatan di resort ini menjadi tertarik dan mereka juga membeli batik untuk souvenir maupun oleh- oleh saat kembali ke daerahnya nanti,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement