Rabu 06 Oct 2021 06:35 WIB

Kasus Positif Pekan Ini Turun 34,6 Persen

Penurunan kasus telah terjadi selama 11 minggu sejak terjadinya lonjakan kasus kedua.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perkembangan kasus positif di Indonesia masih menunjukan tren penurunan pada pekan ini. Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, pada pekan ini, penurunan kasus telah terjadi selama 11 minggu sejak terjadinya lonjakan kasus kedua.

Satgas pun mencatat, kasus positif pada pekan ini mengalami penurunan hingga 34,6 persen dibandingkan minggu lalu.

Baca Juga

“Bahkan untuk pertama kalinya penambahan kasus positif harian Indonesia berada di bawah 1000 yaitu 922 kasus per 4 Oktober kemarin,” kata Wiku saat konferensi pers.

Meski demikian, Satgas juga melaporkan masih terdapat lima provinsi dengan penambahan kasus mingguan tertinggi. Yakni Jawa Tengah 1.094 kasus, Jawa Barat 1.074 kasus, Jawa Timur 1.059 kasus, DKI Jakarta 966 kasus, dan Bali 588 kasus.

 

Wiku pun meminta kepada lima provinsi yang masih mengalami penambahan kasus tertinggi agar mengawasi pembukaan kegiatan masyarakat di masing-masing wilayahnya. Ia mengatakan, aktivitas sosial ekonomi yang saat ini telah kembali normal terutama di Pulau Jawa menyebabkan peningkatan potensi penularan jika tidak dibarengi dengan pelaksanaan dan pengawasan protokol kesehatan yang ketat.

“Pastikan bahwa di setiap tempat kerumunan terdapat satuan atau petugas yang ditugaskan untuk mengawasi protokol kesehataan,” tambah dia.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement