Senin 04 Oct 2021 12:05 WIB

Air Sungai Cisadane Berubah Merah Seperti Darah

Pencemaran itu terlihat dari adanya limbah berwarna merah yang mirip dengan darah.

Rep: Eva Rianti / Red: Mas Alamil Huda
Tangkapan layar video pencemaran Sungai Cisadane.
Foto: Istimewa
Tangkapan layar video pencemaran Sungai Cisadane.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN – Sebuah video viral di media sosial (medsos) menggambarkan adanya pencemaran Sungai Cisadane di kawasan Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Pencemaran itu terlihat dari adanya limbah berwarna merah yang mirip dengan darah mengalir di kali tersebut.

Video tersebut diduga direkam oleh warga yang tengah beraktivitas di salah satu titik area Sungai Cisadane di Tangsel. Di dalam video berdurasi sekitar 30 detik itu, tampak sejumlah lelaki yang tengah memancing memperhatikan air berwarna merah yang mengalir di bibir Sungai Cisadane dan merekamnya. 

“Pencemaran Kali Cisadane. Tolong pemerintah setempat diperhatikan. Lihat,” tutur warga yang merekam video, dikutip Senin (4/10).

Menurut penuturannya, limbah tersebut diduga berasal dari pabrik pengolahan plastik yang ada di sekitar lokasi sungai. Diduga, pencemaran Sungai Cisadane tersebut terjadi di Kecamatan Serpong.

“Dari pabrik pengolahan plastik membuang limbah berwarna merah kayak gini nih. Ini harus ditindak tegas nih, Pak, tolong,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Toto Sudarto membenarkan adanya kejadian tersebut. Dia berujar, telah menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan dan menginvestigasi informasi itu.

“Petugas gabungan sudah di lapangan, mengecek langsung kebenarannya seperti apa,” kata Toto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement