Sabtu 02 Oct 2021 21:59 WIB

Wagub Jateng Tertarik dengan Batik dari Pewarna Lumpur

Gus Yasin mengimbau perajin batik yang belum memiliki IPAL segera membuatnya.

Ilustrasi batik.
Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani
Ilustrasi batik.

REPUBLIKA.CO.ID, KENDAL -- Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengaku tertarik dengan batik yang menggunakan pewarna alami berupa lumpur. Sebab batik jadi mempunyai ciri khas, sedangkan limbah produksinya tidak mencemari lingkungan.

Ketertarikan tersebut terlihat saat Gus Yasin, sapaan akrab Wagub Jateng itu, berkunjung ke Batik Widji Astuti untuk melihat langsung produksi batik ramah lingkungan di Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (2/10).

Baca Juga

"Pewarna alam dari lumpur ini, Bu Widji terinspirasi dari orang tuanya. Jadi katanya dulu, setiap orang tuanya pulang dari sawah, celananya selalu ada sisa lumpur dan 'ngecap'. Akhirnya dia ambil (idenya, red.) dan dikemas. (Ini, red.) aman dan ramah lingkungan, saya beli satu tadi," kata dia.

Gus Yasin mengimbau perajin batik yang belum memiliki sistem instalasi pengolahan air limbah (IPAL)segera membuatnya. Ia jugamelarang mereka membuang limbah batik di sungai, khususnya yang menggunakan pewarna sintetis.

"Untuk perajin batik lainnya, untuk (yang menggunakan, red.) pewarna alam tidak masalah, tapi kalau yang menggunakan pewarna sintetis tidak boleh dibuang di sungai, harus ada IPAL-nya," ujarnya.

Widji Astuti mengaku senang dikunjungi langsung oleh orang nomor dua di Jawa Tengah itu. Ia mengatakan kunjungan tersebut memberikan dorongan semangat untuk berkarya lebih besar lagi.

"Saya senang, dan tidak menyangka bisa dikunjungi oleh Pak Taj Yasin. Ini menjadikan semangat bagi saya untuk terus maju," katanya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement