Rabu 29 Sep 2021 16:39 WIB

Jangan Ketinggalan Vaksinasi Rabies Gratis di Bekasi

Vaksinasi rabies gratis berlangsung hingga 10 Oktober mendatang.

Jangan Ketinggalan Vaksinasi Rabies Gratis di Bekasi. Dokter hewan menyuntikkan kucing dengan vaksin antirabies saat program vaksinasi hewan peliharaan.
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Jangan Ketinggalan Vaksinasi Rabies Gratis di Bekasi. Dokter hewan menyuntikkan kucing dengan vaksin antirabies saat program vaksinasi hewan peliharaan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat memberikan suntikan vaksin rabies secara gratis kepada hewan peliharaan dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia 2021.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Bekasi Wadi Rima mengatakan vaksinasi rabies gratis kepada hewan peliharaan dilaksanakan secara serentak di beberapa wilayah setempat. "Vaksinasi rabies gratis ini sudah dimulai sejak kemarin (28/9) hingga 10 Oktober mendatang," katanya, Rabu (29/9).

Baca Juga

Dia mengatakan enam lokasi vaksinasi rabies gratis, yakni Kantor Kecamatan Jatisampurna, Vida Petshop and Vet Padurenan, Citra Pet and Vet Citra Grand, Smile Vet, Gading Klinik Hewan, serta Hug Me by Vet di Mutiara Gading Timur, Mustika Jaya. Ia menjelaskan manfaat vaksinasi rabies untuk mencegah hewan peliharaan dan menjaga sekaligus melindungi Indonesia dari penyakit rabies serta menumbuhkan kesadaran pemilik memvaksinasi hewan peliharaannya secara berkala.

"Vaksinasi ini dilakukan demi menjaga serta melindungi wilayah Kota Bekasi dari penyakit rabies. Kami juga ingin mengingatkan pemilik hewan peliharaan untuk rutin memvaksinasi setiap tahun agar hewan kesayangannya tetap sehat, bugar, dan aktif," katanya.

Wadi mengajak pemilik hewan peliharaan yang belum mendaftarkan diri mengikuti vaksinasi rabies gratis ini untuk segera melakukan pendaftaran secara daring dengan mengisi tautan yang tersedia. "Informasi seputar pelaksanaan kegiatan ini dapat diakses melalui laman akunInstagram @humaskotabekasi," katanya.

Vaksinator di Kecamatan Jatisampurna Yudi Yurnalis menyebut 150 orang yang memiliki hewan peliharaan terdata telah mengikuti kegiatan ini pada hari pertama. "Sasaran vaksin rabies ini untuk hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, kera, monyet, hingga kuda yang telah berumur enam bulan ke atas," katanya.

Para pemilik hewan peliharaan yang mengikuti kegiatan ini sebelumnya telah melakukan pendaftaran melalui laman bit.ly/lokasi_KecJatisampurna, kemudian hewan peliharaan beserta pemilik datang ke tempat vaksinasi. Setelah itu, dilakukan penimbangan berat badan dan pengecekan kesehatan.

"Jika lolos, hewan dapat diberi vaksin," katanya.

Salah satu pemilik hewan peliharaan di daerah itu, Deny (39 tahun), mengaku antusias mengikuti program vaksinasi rabies di Kantor Kecamatan Jatisampurna. "Saya senang dengan adanya vaksin rabies gratis ini dan saya sudah rutin memvaksinasi hewan peliharaan saya. Sebelumnya, saya memvaksinasi dua peliharaan saya, kucing dan anjing, lalu saya sekarang membawa lagi tiga kucing dan dua anjing. Jadi, kebutuhan vaksin untuk hewan pun terpenuhi bukan hanya manusia," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement