Selasa 28 Sep 2021 16:31 WIB

Lampung Jangkau Warga Pelosok Dapatkan Vaksinasi Covid-19

Lampung lakukan vaksinasi Covid-19 bagi warga pelosok di beberapa pulau terluar.

Lampung lakukan vaksinasi Covid-19 bagi warga pelosok di beberapa pulau terluar.
Foto: ANTARA/Makna Zaezar
Lampung lakukan vaksinasi Covid-19 bagi warga pelosok di beberapa pulau terluar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Pemerintah Provinsi Lampung akan menjangkau warga yang berada di pelosok daerah untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19. "Kami kemarin membuka pelayanan kesehatan bergerak ke beberapa daerah yang sulit terjangkau dan di beberapa pulau terluar di Lampung, dan disana disediakan pula vaksinasi bagi masyarakat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana di Bandarlampung, Selasa (28/9).

Ia mengatakan, vaksinasi COVID-19 tersebut dilakukan bersamaan dengan pelayanan kesehatan bergerak, bertujuan untuk mempermudah masyarakat. Kemudian, juga memberi sosialisasi kepada warga yang ada di pelosok daerah akan pentingnya vaksinasi.

Baca Juga

"Jadi sembari memberi pelayanan kesehatan kita sosialisasi pentingnya vaksinasi, dan kemarin terakhir di daerah Suoh Kabupaten Lampung Barat ada 400 orang yang ikut vaksinasi, sebelumnya di Pulau Pisang," katanya.

Menurutnya, antusias warga pelosok terhadap vaksinasi cukup baik. Mereka dengan sukarela mendaftarkan diri untuk di vaksin.

"Cukup baik, memang mereka kadang terkendala banyak hal sebab daerahnya cukup jauh, kalau untuk vaksinator kemarin terkendala dengan jaringan internet," ucapnya.

Dia melanjutkan, kendala petugas vaksinator dalam pelaksanaan vaksinasi di daerah pedalaman atau pelosok desa terjadi saat hendak melakukan pengisian data pada primary care. Pasalnya, kondisi jaringan internet tidak stabil.

"Saat mengisi primary care karena jaringan internet tidak stabil jadi sempat kesulitan dan harus kerja ekstra, jadi disiasati dengan cara kita catat manual dahulu lalu setelah sampai Kota Bandarlampung baru dikirim ke primarycare," ujarnya lagi.

Reihana melanjutkan, pihaknya terus melakukan percepatan vaksinasi di daerahnya. Ditargetkan, pada akhir September dapat melampaui target vaksinasi sebanyak 20 persen.

"Kita coba percepat vaksinasi agar cakupannya lebih banyak, diharapkan bisa mencapai target lebih dari 20 persen pada akhir September," katanya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan dalam laman vaksin.kemkes.go.id pada Senin (27/9) cakupan vaksinasi dosis pertama di Lampung berjumlah 1.349.532 orang atau sekitar 20,31 persen dengan penambahan 652.926 orang dalam satu hari. Saat ini, untuk stok vaksin ada 554.850 vial, dengan jumlah penerimaan sebanyak 1.415.840 vial dan pemakaian 860.990 vial. Rata-rata vaksinasi minggu lalu mencapai 31.719, saat ini ada 12 kabupaten dan kota yang sisa stok vaksin kurang dari 7 hari, satu kabupaten sisa 10 sampai 14 hari, dan dua kabupaten yang lebih dari 14 hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement