Jumat 24 Sep 2021 00:40 WIB

Satgas Paparkan Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan Besar

Kegiatan berskala besar dapat berlangsung dengan mengikuti pedoman Satgas Covid-19.

Pertandingan antara Persib Bandung dan Borneo FC pada lanjutan Liga 1 2021-2022 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Banten, Kamis (23/9/2021). Kegiatan skala besar, seperti pertandingan olahraga, harus diselenggarakan dengan menaati pedoman yang telah ditetapkan Satgas Covid-19.
Foto:

Untuk saat acara berlangsung, Wiku mengatakan, terdapat tujuh pedoman. Pertama, mengikuti perkembangan kasus Covid-19 secara aktual, khususnya data daerah di mana acara berlangsung.

"Kedua, memastikan skrining kesehatan dilakukan tepat sebelum acara berlangsung," kata Wiku.

Ketiga, memastikan alat atau material kesehatan pendukung, seperti hand sanitizer atau sabun cuci tangan dan masker, cukup dan mudah terakses saat acara. Keempat, melakukan promosi kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) selama acara berlangsung secara konsisten.

Kelima, panitia khusus yang telah terbentuk harus memastikan pedoman pelaksanaan protokol kesehatan ditegakkan. Keenam, memastikan setiap partisipan mematuhi protokol kesehatan termasuk di luar wilayah acara.

"Misalnya, saat di tempat penginapan dan saat bepergian," jelas Wiku.

Ketujuh, segera merujuk kasus positif yang terdeteksi selama acara untuk isolasi maupun perawatan. Sementara untuk pedoman setelah acara, Wiku meminta agar penyelenggara dapat memastikan tidak ada kasus positif yang lolos untuk kembali ke daerah asal agar tidak terjadi perluasan penularan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement