Jumat 24 Sep 2021 02:30 WIB

Kura-Kura Rote akan Dilepas di Danau Peto

Danau Peto merupakan habitat asli kura-kura rote.

Seekor kura-kura leher ular (Chelonida mccordi) atau yang dikenal dengan sebutan Kura-Kura Rote berada di dalam sebuah kotak saat tiba di lokasi Karantina milik Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT di Kota Kupang, NTT, Kamis (23/9/2021). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan upaya repatrasi atau pemulangan kembali 13 ekor kura-kura leher ular (Chelonida mccordi) ke habitat aslinya di Rote Ndao , NTT setelah sebelumnya berada di kebun binatang Singapura/Mandai Singapura.
Foto:

Arief menjelaskan, Danau Peto merupakan habitat asli kura-kura rote. Meski tidak termasuk dalam kawasan konservasi, danau itu merupakan tempat hidup dari kura-kura rote.

"Danau itu sudah ditetapkan oleh Gubernur NTT sebagai kawasan ekosistem esensial," katanya.

photo
Petugas mendata kura-kura leher ular (Chelonida mccordi) atau yang dikenal dengan sebutan kura-kura rote yang berada di dalam sebuah kotak saat tiba di lokasi Karantina milik Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT di Kota Kupang, NTT, Kamis (23/9/2021). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan upaya repatrasi atau pemulangan kembali 13 ekor kura-kura leher ular ke habitat aslinya di Rote Ndao, NTT setelah sebelumnya berada di kebun binatang Singapura. - (Antara/Kornelis Kaha)

Arief mengaku tidak menyangka kura-kura leher ular itu masih tersisa. Menurut lembaga internasional untuk konservasi alam (International Union for Conservation of Nature's/IUCN), satwa itu statusnya critically endangered atau kritis. Arief menyebut, kura-kura itu selanjutnya bisa menjadi ikon bagi Kabupaten Rote Ndao dan NTT.

Arief mengemukakan, kura-kura rote bisa sampai ke Singapura karena sebelumnya banyak warga yang menangkap dan menjual kura-kura tersebut. Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Wildlife Reserves Singapore memulangkan kura-kura roteke NTT supaya bisa dikembalikan ke habitat aslinya dan dilestarikan populasinya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement