Jumat 17 Sep 2021 12:53 WIB

TNI AL Adakan Vaksinasi Maritim di Tanjung Pasir Tangerang

Pushidrosal menyasar vaksinasi 200 orang dengan kelompok usia 12 tahun ke atas.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Prajurit TNI AL mendata dan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada nelayan yang akan menjalani vaksinasi (ilustrasi).
Foto: ANTARA/OLHA MULALINDA
Prajurit TNI AL mendata dan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada nelayan yang akan menjalani vaksinasi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Tentara Negara Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 maritim bagi masyarakat sekitar Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, dalam rangka untuk mendukung percepatan herd immunity.

Komandan Pusat Hidro-Oceanografis Angkatan Laut (Danpushidrosal), Laksdya Agung Prasetiawan, mengatakan, kegiatan vaksinasi maritim bentuk dukungan TNI AL kepada pemerintah dalam menyukseskan percepatan akselerasi pemberian vaksin kepada masyarakat serta penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Dalam upaya mendukung pemerintah, tentunya TNI AL tidak henti-hentinya untuk melakukan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim, guna menciptakan kekebalankelompok (herd immunity) dan mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia," kata Agung di Kabupaten Tangerang, Jumat (17/9).

Dia menuturkan, dalam kegiatan vaksinasi massal tersebut, pihaknya menyasar sebanyak 200 orang dengan kelompok usia 12 tahun ke atas. Adapun jenis vaksin yang diberikan, yaitu AstraZeneca dan Sinovac, baik dalam pemberian vaksinasi tahap pertama maupun kedua.

Agung menyebut, program vaksinasi merupakan upaya tambahan guna melindungi seseorang dari potensi penularan Covid-19. Meski begitu, protokol kesehatan di lokasi vaksinasi tetap diutamakan untuk memberikan perlindungan yang optimal.

"Saya melihat masyarakat di Tanjung Pasir ini sangat antusias dalam mengikuti kegiatan vaksinasi ini. Tentu itu jadi hal yang positif," tutur Agung.

Selain menyelenggarakan vaksinasi, TNI AL juga memberikan bantuan paket sembako sebagai wujud bakti dan kepedulian terhadap masyarakat sekitar yang terdampak pandemi. "TNI AL memberikan sembako sebagai tali asih kepada masyarakat sekitar Tanjung Pasir, Tangerang," kata Agung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement