Senin 13 Sep 2021 11:23 WIB

Acara PKKMB UBSI, Hadir dengan Virtual Stage

Semot Universitas BSI bahu-membahu mengeluarkan inovasi dan kreativitas

Semot Universitas BSI menghadirkan virtual stage.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Semot Universitas BSI menghadirkan virtual stage.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa pandemi Covid-19, membuat beberapa acara yang melibatkan banyak orang, terpaksa tidak bisa terselenggara dalam sementara waktu, demi ikhtiar mengurangi tingkat penyebaran virus corona.

Maka dari itu, saat ini live streaming menjadi solusi terbaik, untuk melangsungkan kegiatan juga menjadi solusi dari permasalahan ini. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melangsungkan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Baca Juga

Live streaming memungkinkan untuk tetap mengadakan acara dengan melibatkan banyak orang. Dalam hal ini, pada kegiatan Seminar Motivasi (Semot), sebagai salah satu rangkaian PKKMB yang dilaksanakan secara live streaming.

Pada acara yang berlangsung Ahad (12/9), ketua tim Marketing and Communication (Marcom) Universitas BSI, Achmad Baroqah Pohan menyampaikan pada tahun ini, untuk kedua kalinya Semot dilaksanakan secara online tengah pandemi Covid-19.

“Dikala wabah, kita tidak bisa berkumpul secara massal dalam satu tempat. Karena Universitas BSI memiliki kampus yang berada dibeberapa area dan tetap harus menyambut mahasiswa baru di sana,” tutur Achmad, Ahad (12/9).

Ia mengatakan, tim Marcom dan kepanitiaan Semot Universitas BSI bahu-membahu mengeluarkan inovasi dan kreativitasnya. Sehingga pelaksanaan yang biasa berkumpul, tetap terasa ada. Namun secara fisik atau jasmani berada di beberapa kampus.

“Upaya yang kami lakukan yaitu melakukan live streaming di beberapa platform yaitu di Youtube, Instagram dan Tiktok,” ujarnya.

Selain itu, konsep yang digunakan adalah virtual stage. Di mana tayangan yang ditampilkan, seolah-olah berada dalam stage yang besar dan dapat berkomunikasi dengan para pembicara.

“Misalkan, tadi ada salah satu pemateri Semot yaitu Nadia Soekarno yang kami bisa hadirkan di tengah stage, meskipun fisik atau jasmaninya tidak di sini,” pungkasnya.

Tambahnya, hal ini juga menciptakan komunikasi dua arah serta menghadirkan tampilan tersebut ke seluruh kampus Universitas BSI yang tersebar di 29 lokasi di Indonesia. Dengan tampilan yang sangat entertaint (menghibur).

“Kami berupaya menghadirkan konsep virtual dan entertaint, serta disiarkan pada tiga platform digital antara lain Tiktok, Instagram dan Youtube,” terangnya.

“Tantangannya adalah bagaimana menghadirkan suasana Semot yang awalnya offline bisa hadir dalam Semot yang dilangsungkan secara online,” ungkapnya.

Ia menginformasikan, ini pertama kali dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta yang mengadakan PKKMB-nya melalui beberapa platform sekaligus. “Universitas BSI adalah Perguruan Tinggi Swasta yang pertama kali mengadakan PKKMB dengan live streaming di tiga platform digital serentak, tanpa recording atau delay,” paparnya.

Lanjutnya, ia cukup bangga dengan kreativitas tim Marcom Universitas BSI yang menghadirkan acara keren seperti ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement