Rabu 01 Sep 2021 11:06 WIB

Pemprov DKI Perbaiki 10 Makam Ambles di TPU Rorotan

Setiap ada makam yang ambles, segera merapikan kembali oleh dinas terkait.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Andi Nur Aminah
Kompleks makam TPU Rorotan, Jakarta (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kompleks makam TPU Rorotan, Jakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengaku, telah bergerak cepat menangani sebagian lahan makam di TPU Rorotan yang ambles. Menurut dia, setiap ada makam yang ambles, pihaknya akan dengan segera merapikan kembali.

"Langsung dipadatkan dan dibentuk petak makamnya. Yang baru-baru ini terjadi, terdapat 10 petak makam yang ambles di sisi Timur, tapi kondisinya tidak parah dan petugas juga langsung merapikan petak makam tersebut," ujar dia dalam keterangannya, Rabu (1/9).

Baca Juga

Dia menambahkan, meski makam merupakan bekas rawa, pengurukan dan pemadatan sudah dilakukan menggunakan alat berat. Sehingga, potensi amblas makam ke depannya diklaim kecil.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, pihaknya akan mencarikan solusi mengenai amblesnya sebagian makam di TPU Rorotan, Jakarta Utara. Dia mengatakan, solusi yang nyata bisa dilakukan saat ini adalah pemadatan lahan dan lainnya. "Nanti kita akan carikan solusinya," ujar dia di Balai Kota Selasa (31/8) malam.

Dia menambahkan, berbagai SKPD terkait mulai dari Dinas Pemakaman hingga Dinas SDA akan dikerahkan untuk menangani kendala tersebut. Menurutnya, amblesnya lahan di sana memang bisa dikatakan wajar. Hal itu, mengingat makam Rorotan yang bukan merupakan lahan peruntukan makam. "Memang makam di Rorotan itu kan sebelumnya rawa, kemudian kita uruk, ternyata ada yang ambles," tuturnya.

Baca juga  : Pemprov DKI Cari Solusi Amblesnya Sebagian Makam di Rorotan

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement