Jumat 27 Aug 2021 15:52 WIB

BPIP dan RRI MoU Penguatan Pembinaan Pancasila

Media Penyiaran adalah bagian penting dalam strategi ini

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Radio Republik Indonesia sepakat untuk menandatangani MoU kerja sama penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila, Kamis (26/8).
Foto: BPIP
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Radio Republik Indonesia sepakat untuk menandatangani MoU kerja sama penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila, Kamis (26/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Radio Republik Indonesia sepakat untuk menandatangani MoU kerja sama penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila, Kamis (26/8). Penandatanganan kerja sama ini langsung dihadiri oleh Kepala BPIP RI Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PhD dan Plt Direktur Utama RRI Bapak Hari Sudaryanto.

Dalam sambutannya, Kepala BPIP RI menekankan pentingnya kolaborasi bersama dengan RRI agar proses Pembinaan Ideologi Pancasila bisa menjangkau sebanyak mungkin penduduk dan wilayah Indonesia termasuk luar negeri melalui infrastruktur radio yang disediakan oleh RRI.

Media Penyiaran adalah bagian penting dalam strategi ini,  dimana BPIP RI memiliki program Panca Mandala yang salah satu unsurnya adalah lembaga pemberitaan dan penyiaran.

"Media menjadi bagian penting dalam masyarakat kontemporer. Hidup kita diperantarai oleh media, tidak hanya dalam konsumsi informasi, tetapi juga pemenuhan identitas. Oleh karenanya formulasi konten media saat ini menjadi sangat penting, terutama dalam pembentukan karakter bangsa," ujar Prof Yudian dalam sambutannya.

BPIP RI berharap kerja sama dengan RRI ini setidaknya akan menghasilkan beberapa hal, seperti konten-konten alternatif yang positif (terutama yang cocok untuk dikonsumsi kaum milenial), serta diseminasi informasi ke-Pancasila-an secara reguler yang menyasar berbagai kalangan. Diantaranya adalah masyarakat yang tinggal di daerah 3T dan komunitas diaspora yang ada di luar negeri.

“Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih untuk Pihak RRI yang sudah berkenan bahu-membahu dalam Pembinaan Ideologi Pancasila. Juga Kepada Pimpinan dan Staf dari Kedeputian Antar-Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan yang sudah bekerja keras memfasilitasi kerjasama ini,” kata Prof Yudian.

Sementara itu, Plt Direktur Utama RRI mengatakan penandatanganan nota kesepahaman ini bukanlah suatu kebetulan setelah memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. “Tuhan Yang Maha Esa telah mengatur sedemikian rupa kecintaan nilai-nilai luhur Pancasila yang digali dan ditemukan Bung Karno dan telah melekatkan dua lembaga besar yaitu RRI dan BPIP RI,” imbuhnya.

Ia menambahkan RRI selama 18 tahun ke belakang telah menyiarkan Forum Negara Pancasila. RRI juga akan terus menjaga komitmen tersebut untuk tetap menyiarkan konten-konten yang berkualitas dan berisi nilai-nilai Pancasila dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement