Kamis 26 Aug 2021 11:27 WIB

Panglima TNI tak Pakai Booster Vaksin, tapi dengan Secretome

Scretome sel punca memiliki sejumlah manfaat untuk pasien Covid-19. 

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus Yulianto
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
Foto:

Dia mengatakan, secretome sel punca tersebut memiliki sejumlah manfaat untuk pasien Covid-19. Pertama, untuk menghentikan badai sitokin. Kedua, mencegah fibrosis paru. Ketiga, memperbaiki disfungsi paru. Keempat, memperbaiki lingkungan mikro paru. Kelima, melindungi sel epithel alveolar paru. Keenam, meningkatkan fungsi paru.

"Secretome stem cell atau sel punca mesenkimal memiliki sifat regenerative, immunoregulator, dan dapat dengan mudah diisolasi dan diperbanyak secara in vitro," terang dia.

Berlian mengungkapkan, secretome MSC itu sendiri adalah molekul yang dikeluarkan dari stem cell tali pusat bayi. Itu merupakan molekul yang memiliki kemampuan immunomodulator karena mampu mengeluarkan molekul molekul antiinflamasi yang disebut Interleukin 10 (IL-10) dan transforming growth factor beta (TGFb).

"Molekul antiinflamasi ini selain memiliki peran dalam meredakan inflamasi atau badai sitokin yang sering terjadi akibat infeksi termasuk badai sitokin akibat infeksi Covid-19," kata dia.

Menurut Berlian, hasil penelitian terkini, yang sudah dipatenkan oleh Stem Cell and Cancer Research (SCCR) Laboratorium biomedikal Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung Semarang, telah melakukan isolasi molekul secretome yang berasal dari MSC hipoxia dengan sumber tali pusat bayi yang difiltrasi d.

Baca juga : Kabar Penyogokan Taufik Hidayat Tuai Reaksi Lee Chong Wei

"Atau disaring dengan berat molekul 100-300 Kilo Dalton. Isinya adalah molekul antiradang IL-10, TGF Beta, VEGF, PDGF, dst. Kedua molekul antiradang itulah, yakni IL-10 dan TGFb, yang akan mendorong aktivitas sel Immun T Regulator pada pasien yang diberi injeksi scretome tersebut," jelas Berlian.

Sementara terhadap individu yang telah divaksin Sinovac, pemberian booster suntikan Scretome MSC berfungsi untuk mendorong sel T Regulator untuk mengaktivasi lebih banyak sel limfosit B memori. Sel B memori itulah yang nanti berubah menjadi sel plasma yang akan memproduksi lebih banyak antibodi spesifik untuk melawan antigen spesifik Covid-19.

Fungsi berikutnya, yakni IL-10 dan TGF Beta akan mendorong T Regulator untuk memproduksi lebih banyak IL-10 dan Interferon. Itu akan membangkitkan dendritic sel tipe plasmatoid. Di mana fungsi plasmatoid yaitu untuk melawan antigen Covid-19.

 

"Dengan pemberian Scretome Booster ini tentunya akan lebih baik dan menjaga atau memperkuat vaksin sinovac di dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah terpapar Covid-19," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement