Rabu 25 Aug 2021 17:53 WIB

Pompa Transmisi Rusak, Distribusi Air di Kota Malang Menurun

Perumda air telah melakukan pengadaan pompa baru secara lelang namun gagal

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Hiru Muhammad
Sejumlah pegawai Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang memperbaiki pompa transmisi yang rusak di Sumber Wendit.
Foto: dok. Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota
Sejumlah pegawai Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang memperbaiki pompa transmisi yang rusak di Sumber Wendit.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Salah satu pompa transmisi di Sumber Wendit mengalami kerusakan sejak 29 Juli 2021. Situasi ini menyebabkan distribusi air ke beberapa tandon di Kota Malang menurun.

Adapun tandon yang ikut terkena dampak antara lain Tandon Mojolangu, Tandon Tlogomas, Tandon Betek dan Tandon Buring. Kondisi ini mengakibatkan layanan distribusi air ke pelanggan yang masuk di zona-zona terkait ikut mengecil. "Bahkan, hingga tidak mengalir di jam-jam tertentu," ungkap Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas di Kota Malang, Rabu (25/8).

Muhlas mengaku pihaknya sudah melakukan proses pemeriksaan di pompa Sumber Wendit. Hasilnya diperoleh motor pompa 2 Wendit III mengalami kegagalan isolasi seperti //short circuit// antargulungan di dalam kumparan. Hubungan singkat tersebut menyebabkan motor pompa tidak dapat bekerja dengan baik.

Sebagai langkah antisipasi agar tidak terulang, pihaknya akan melakukan sejumlah upaya. Beberapa di antaranya meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan terhadap sistem kelistrikan serta perawatan. Kemudian segera memperbaiki perangkat sistem kelistrikan yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

Selanjutnya, pihaknya sudah melakukan pengangkatan motor pompa yang mengalami kerusakan. Langkah ini bertujuan agar alat tersebut bisa segera diperbaiki. "Serta memperbaiki motor-motor pompa cadangan yang mengalami kerusakan," katanya.

Sebelum kerusakan terjadi, Muhlas menegaskan, perusahaan sebenarnya sudah melakukan antisipasi. Salah satunya dengan melakukan pengadaan pompa secara lelang tapi gagal dilakukan. Hal ini karena peserta lelang gugur pada kelengkapan atau ketidaksesuaian secara administrasi.

Muhlas berharap proses lelang dapat berjalan dengan lancar sehingga percepatan perbaikan pompa dapat dilaksanakan dengan baik. Dengan demikian, pelayanan air dapat segera normal kembali nantinya. Selain itu, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang juga sudah melakukan proses pengadaan pompa baru sebagai langkah meningkatkan keandalan produksi air di rumah pompa Wendit III. 

Terakhir, Muhlas mengimbau para pelanggan untuk selalu rajin menampung air saat air mengalir sebagai persediaan. Pelanggan juga bisa meminta pengiriman tangki air gratis dengan menghubungi nomor 0816550800.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement