Kamis 29 Jul 2021 14:55 WIB

Tips Penulisan Abstrak dan Hadapi Sidang Tugas Akhir

Temukan poin utama yang cepat dipahami

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (Himasi) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya menggelar webinar Tips & Trik Pembuatan Abstrak dan Pembekalan Sidang Tugas Akhir, Rabu (28/7).
Foto: Universitas BSI
Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (Himasi) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya menggelar webinar Tips & Trik Pembuatan Abstrak dan Pembekalan Sidang Tugas Akhir, Rabu (28/7).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (Himasi) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya menggelar webinar ‘Tips & Trik Pembuatan Abstrak dan Pembekalan Sidang Tugas Akhir’, Rabu (28/7).

Webinar ini disambut dengan baik oleh ketua pelaksana, Mochamad Iman Firman dan pembina HIMASI Universitas BSI kampus Tasikmalaya, Deddy Supriadi. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti dengan antusias oleh seluruh mahasiswa yang sedang menyusun Tugas Akhir.

Narasumber yang hadir adalah dosen dari Universitas BSI kampus Tasikmalaya, Dra Yani Sri Mulyani yang menyampaikan tentang penulisan abstrak dan Ai Ilah Warnilah, mengenai cara menghadapi sidang Tugas Akhir.

“Perlu diperhatikan dalam penulisan abstrak yang baik, dimulai dari membaca laporan secara berulang untuk gambaran. Lalu membaca setiap bagian dan memadatkan informasi, juga menggunakan kalimat aktif,” tutur Yani, Rabu (28/7) lalu. 

Yani menyebutkan, jika memungkinkan, temukan poin utama yang cepat dipahami. Seperti dalam bahasa inggris menggunakan kalimat ‘past tense’. Sebab laporan penelitian telah dilaksanakan (waktu lampau).

“Dan yang perlu dihindari pada penulisan abstrak adalah informasi latar belakang yang panjang, referensi literatur, kalimat tidak lengkap, dan istilah yang memusingkan,” terangnya.

Ia mengatakan, pada abstrak tidak disajikan gambar, namun abstrak hanya menyajikan tulisan narasi yang dapat dibaca dengan mudah, cepat dan menyeluruh.

Sementara  Ai Ilah Warnilah berharap, mahasiswa/i mendapatkan pemahaman tentang penulisan abstrak dan persiapan dalam menghadapi sidang Tugas Akhir.

“Mahasiswa perlu memiliki skill-based yang memadai dalam penulisan abstrak, serta memahami teknik dan aturan-aturan dalam menyusun Tugas Akhir. Hal ini, akan membuat mereka lebih siap dalam menghadapi sidang Tugas Akhir,” pungkas Ai, Rabu (28/7) lalu.

Senada dengan Ai, Mochamad Iman Firman, ketua pelaksana kegiatan juga ingin, dari webinar ini, para mahasiswa akan lebih siap dan percaya diri, menghadapi siding Tugas Akhir mereka. 

“Webinar ini memberikan edukasi untuk mahasiswa Universitas BSI, khususnya bagi mahasiswa yang sedang menyusun Tugas Akhir. Saya yakin, mereka akan lebih percaya diri lagi saat siding nanti,” ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement