Jumat 20 Aug 2021 17:14 WIB

Pemkab Muba Kenalkan Sertifikasi dan Manfaat Obat Herbal

Obat-obatan herbal menjadi anugerah sebab tanaman-tanaman ini bermanfaat untuk tubuh

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Kesehatan Muba mengadakan webinar Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Keamanan Pangan, Jumat (20/8).
Foto:

Adapun penggolongan obat tradisional diantaranya, jamu adalah obat tradisional Indonesia yang digunakan secara turun-temurun dengan khasiat dibuktikan secara empiris. Nomor lzin Edar Produk TR.123456789 (sembilan digit angka) dan Tl. 123456789 (sembilan digit angka).

Obat Herbal Terstandar (OHT) adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah. Dengan uji praklinik pada hewan dan bahan bakunya telah distandardisasi. Nomor Izin Edar Produk-HT 123456789 (sembilan digit angka).

Fitofarmaka adalah sediaan obat bahan alam telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah, dengan uji praklinik pada hewan dan klinik pada manusia, serta bahan baku dan produk jadinya telah distandardisasi. Nomor Izin Edar Produk FF.123456789 (sembilan digit angka).

"Sistem pengawasan obat dan makanan ada tiga tahapan, yang pertama pemerintah sebagai regulatori terhadap produk, sarana dan standar. Kedua pelaku dan yang terakhir masyarakat. Semoga apa yang telah dibahas dalam webinar dapat menambah pengetahuan kita bersama untuk kesehatan dan kesejahteraan," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement