Kamis 19 Aug 2021 21:31 WIB

Jokowi Bicara Porang Jadi Ekspor Andalan, Ini 7 Manfaatnya

Porang bisa diolah menjadi makanan sampai bahan kosmetik.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Karta Raharja Ucu
Presiden Jokowi mengatakan anaman porang sekarang menjadi sorotan karena rencananya akan menjadi komoditas ekspor andalan baru Indonesia.
Foto:

3. Mencegah Penyakit Jantung

Rutin mengkonsumsi tanaman porang juga bermanfaat untuk menjaga jantung tetap sehat. Sebab, tanaman ini berkhasiat melancarkan peredaran darah sekaligus mengusir kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar akan menghindarkan kita dari risiko penyumbatan pembuluh darah.

4. Mengatasi Peradangan

Beberapa studi menunjukkan umbi tanaman porang mengandung zat anti-inflamasi, sehingga mampu mengatasi peradangan yang terjadi pada tubuh bagian dalam.

Tidak hanya itu, kandungan glukomanan dalam porang juga bisa membuat luka cepat sembuh. Glukomanan bekerja dengan cara membangun sistem imun, yang secara efektif berdampak pada meningkatnya kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.

5. Merawat Kesehatan Kulit

Porang juga diketahui mampu merawat dan memerangi bakteri penyebab jerawat. Karena itu, umbi porang juga banyak digunakan sebagai bahan baku kosmetik.

6. Menjaga sistem pencernaan

Seperti tanaman umbi-umbian lainnya, tanaman porang mengandung serat yang cukup tinggi. Karena itu tanaman ini berkhasiat menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

Selain itu, sifat anti inflamasi pada tanaman porang juga dapat meminimalisir terjadinya peradangan di bagian usus, sehingga mencegah terjadi kanker usus.

7. Bahan Baku Barang Industri

Kandungan dalam umbi porang dapat juga digunakan sebagai bahan perekat yang ramah lingkungan. Tidak hanya itu, porang dapat digunakan untuk bahan campuran cat dinding, kain wol, kapsul dan lainnya.

Tonton Videonya:

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement