Rabu 18 Aug 2021 00:50 WIB

Sumbangsih Dokter Hewan Tangani Pandemi Covid-19

Dokter hewan turut berkontribusi dalam penanganan pandemi di Indonesia.

Dokter hewan/ilustrasi

Patut diapresiasi

Peranan dokter hewan dalam kesehatan hewan dan masyarakat di saat pandemi COVID-19, menurut Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Dr drh M Munawaroh, M.M., patut mendapatkan apresiasi tinggi. "Mereka adalah pemain kunci dalam mentransformasikan teori 'One Health' menjadi aksi kolaboratif yang berfokus pada ketahanan pangan, navigasi pandemi COVID-19, dan mencegah pandemi di masa depan," katanya.

Ia memberi contoh dokter hewan yang turut memberi kontribusi nyata dalam penanganan COVID-19 adalah Prof Dr Fedik A. Rantam dan drh Sudirman. Fedik A sebagai peneliti ahli virus dan drh Sudirman sebagai CEO PTBiotis Pharmaceutical yang memiliki fasilitas pembuatan vaksin, yang telah bekerja sama dalam mewujudkan vaksin nasional.

Atas posisi penting dokter hewan, terlebih dalam kaitan pandemi itu, Direktur Kantor Kesehatan USAID Indonesia Pamela Foster mengatakan Pemerintah Amerika Serikat, melalui USAID, telah memberikan komitmen senilai lebih dari 14,5 juta dolar AS untuk mendukung respons COVID-19 di Indonesia.

Kerja sama ini menggambarkan kekuatan pendekatan "One Health" untuk mencegah, mendeteksi, dan merespons penyakit. Dengan peran urgen seperti saat terjadi penularan penyakit yang menjadi pandemikali ini dan juga sebelumnya, seperti flu burung, maka kiprah dokter hewan dalam kesehatan hewan dan masyarakat di saat pandemi COVID-19 menemukan momentumnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement