Kamis 05 Aug 2021 17:30 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Sudah Diprediksi Airlangga

Tumbuhnya perekonomian nasional sudah diprediksi Airlangga.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Foto:

Tumbuhnya perekonomian nasional sudah diprediksi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sejak Mei lalu. Saat itu, Airlangga optimistis pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II 2021 mencapai tujuh persen.

"Kita lihat di kuartal I 2021, perekonomian minus 0,74%. Namun, trennya ke arah positif dan di-confirm perekonomian kita ini v curve. Kita harap pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2021 akan masuk jalur positif," ungkap Airlangga Sabtu, 15 Mei 2021. 

Menurutnya, pemulihan ekonomi sudah terlihat dari PMI (Purchasing Manager's Index) yang mencapai angka 54,6. Dari segi Indeks Keyakinan Konsumen (IKK), juga mendekati angka normal. Saat ini, sudah mencapai angka sekitar 90 menuju angka 100.

Lebih lanjut, Airlangga menegaskan bahwa pertumbuhan kinerja ekspor dan impor Indonesia sudah kembali ke arah positif. Belanja pemerintah juga mengalami hal serupa. "Beberapa sektor, seperti informasi komunikasi, jasa kesehatan, pertanian, properti dan industri, dengan adanya PPNBM dan kebijakan lain, membuat kenaikan yang cukup tinggi," papar Airlangga.

"Sehingga, PMTB (Pembentuk Modal Tetap Bruto) kita mendekati 0% atau sekarang minus 0,23%, ekspornya mencapai 6,74%. Bahkan, ini lebih tinggi dari sebelum covid-19. Demikian pula impor barang modal dan produksi 5,27%," imbuhnya.

Secara spasial, dia juga menyebut terjadi perbaikan ekonomi di beberapa daerah. "Sumatera sudah mencapai minus 0,86%, Jawa minus 0,83%, Kalimantan minus 2,23%, Sulawesi positif 1,2%. Bahkan, Maluku dan Papua sudah 8,7%. Tentu ini didorong peningkatan harga komoditas, baik sawit, karet, nikel dan batu bara," ujar Airlangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement