Jumat 30 Jul 2021 16:24 WIB

'Latgab Garuda Shield, Bentuk Konkret Diplomasi Pertahanan'

Latgab Garuda Shield merupakan latihan terbesar TNI AD dan Angkatan Darat AS

Tentara Amerika (US Army) berjalan menuju bus setibanya di Bandara International Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (24/7/2021). Sebanyak 330 orang Tentara Amerika (US Army) tiba di Palembang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kedatangan tersebut merupakan gelombang pertama pasukan yang akan mengikuti Latihan Bersama Garuda Shield ke 15/2021 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Baturaja, OKU, Sumatera Selatan, 1 -14 Agustus 2021.
Foto:

Bahkan menurutnya, kecil kemungkinan hubungan antara Indonesia - China memburuk karena ada kedekatan antara Indonesia dan AS dalam kerja sama latihan militer ini. Terlebih, hubungan Indonesia dan China selama ini tidak memiliki masalah krusial.

"Apalagi dalam berbagai kesempatan, Indonesia jelas masih membuka ruang-ruang kerjasama yang intens dengan China serta membatasi sikap tegasnya itu hanya menyangkut persoalan Laut China Selatan. Tanpa menyinggung isu-isu lain yang dinilai tak relevan atau tak menguntungkan bagi hubungan bilateral Indonesia-China," ujarnya.

Khairul juga ragu hubungan RI-China bakal memburuk menyusul adanya latgab Garuda Shield. Apalagi dalam berbagai kesempatan, Indonesia jelas membuka ruang-ruang kerja sama yang intens dengan "Negeri Tirai Bambu" serta membatasi sikap tegasnya hanya menyangkut persoalan LCS.

"Tanpa menyinggung isu-isu lain yang dinilai tak relevan atau tak menguntungkan bagi hubungan bilateral Indonesia-China," ucapnya.

TNI AD dan US Army dijadwalkan melakukan latgab Garuda Shield pada Agustus 2021. Program tersebut diklaim yang terbesar dibandingkan kegiatan serupa sebelumnya lantaran melibatkan 2.246 personel TNI AD dan 2.282 tentara AS.

 

Garuda Shield kali pertama dilakukan di Bandung, Jawa Barat, pada 2009. Pada tahun ini, kegiatan dilaksanakan di tiga daerah latihan (rahlat), yakni Pusat Latihan Tempur Baturaja, Makalisung, dan Amborawang, dengan materi latihan lapangan, menembak, medis, dan penerbangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement