Kamis 22 Jul 2021 14:27 WIB

Ari Kuncoro Mundur dari Wakomut BRI, Ini Alasannya

Jabatan Ari di BRI jadi sorotan setelah rektorat UI panggil BEM yang kritik Jokowi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof Ari Kuncoro.
Foto: Dok Humas UI
Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof Ari Kuncoro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof Ari Kuncoro mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

"Kementerian BUMN RI telah menerima surat pengunduran diri Sdr. Ari Kuncoro dari jabatannya selaku Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Perseroan per tanggal 21 Juli 2021," kata keterbukaan informasi yang diterima di Jakarta, Kamis (22/7).

Sehubungan dengan itu, Perseroan menindaklanjuti sesuai ketentuan dan prosedur. Dalam keterangan resmi yang diterima, Perseroan akan berkomitmen untuk terus menerapkan praktik tata kelola perusahaan (GCG) yang baik dari seluruh lapisan, baik top level management dalam hal ini Dewan Komisaris dan Direksi, hingga jajaran pekerja di seluruh unit kerja.

Komitmen tersebut dijalankan pada setiap kegiatan usaha Perseroan, yang merupakan perwujudan dari visi dan misi Perseroan, corporate values, dan strategi kebijakan dalam keberlanjutan Perseroan.

Manajemen BRI juga menyampaikan pengumuman mengenai Ari Kuncoro yang mengundurkan diri dari jabatan Wakomut/Komisaris Independen Perseroan.

"Kementerian BUMN RI telah menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen BRI dan menginformasikannya secara resmi kepada Perseroan. Sehubungan itu, Perseroan menerbitkan Keterbukaan informasi pada tanggal 22 Juli 2021. Adapun proses berikutnya, Perseroan akan menindaklanjuti sesuai ketentuan dan prosedur," ujar Corporate Secretary Division BRI, Aestika Oryza Gunarto.

Jabatan Ari Kuncoro sebagai Wakomut BRI menjadi sorotan setelah Rektorat UI memanggil sejumlah pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI yang menerbitkan poster sindiran untuk Presiden Jokowi di media sosial. Rangkap jabatan Ari Kuncoro tersebut melanggar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 Tahun 2013 tentang Statuta UI.

Namanya kembali menjadi perbincangan warganet setelah pemerintah merevisi PP Nomor 68 Nomor 2013 tentang Statuta UI. Revisi tersebut termuat dalam PP Nomor 75 tahun 2021, dimana rangkap jabatan di BUMN atau BUMD, hanya dilarang untuk jabatan direksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement