Senin 19 Jul 2021 09:30 WIB

Penjelasan BMKG Terkait Gempa di Kabupaten Bandung Pagi Ini

Analisis menunjukkan gempa bumi yang terjadi adalah jenis gempa dangkal.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Teguh Firmansyah
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) II Tangerang melaporkan telah terjadi gempa bumi tektonik dengan magnitudo 4 di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat Senin (19/7) sekitar pukul 06.49 Wib. Lokasi gempa berada di laut pada jarak 90 Km barat daya Kabupaten Bandung kedalaman 30 kilometer.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M 4.0," ujar Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho melalui keterangan pers yang diterima, Senin (19/7).

Ia menuturkan, hasil analisis menunjukkan gempa bumi yang terjadi adalah jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam lempeng Eurasia. Gempa bumi dirasakan di wilayah Pangalengan, Caringin, Rancabuaya, Cijagra, Sindangbarang, Pamengpeuk.

Hendro mengatakan sebagian masyarakat merasakan getaran dan melihat benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Saat ini belum terdapat laporan kerusakan bangunan akibat gempa bumi. "Hingga pukul 07.11 Wib, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempavbumi susulan," katanya.

Pihaknya mengimbau kepada maayarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia menegaskan agar masyarakat memastikan informasi resmi bersumber dari BMKG.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement